Kodam XVI Pattimura bersama masyarakat kawasan Tapal Kuda, Air Salobar Kota Ambon melakukan aksi bersih pantai dalam kegiatan Jumat bersih.

"Dalam kepemimpinan saya, saya selalu tekankan kepada anggota untuk melakukan gaya hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan," kata Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Jumat.

Aksi bersih pantai tersebut dipusatkan pada sentra kuliner kawasan Tapal Kuda Air Salobar hingga pantai di sekitar Museum Siwalima Kota Ambon dengan melibatkan anggota Koramil 1504-06 Nusaniwe, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan masyarakat.

"Kota Ambon sendiri dikelilingi gugusan pantai yang luas nan indah. Sayang jika pantai yang bisa kita nikmati keindahannya ini tidak dirawat dengan baik," katanya.

Pangdam mengatakan melalui kegiatan ini juga pihaknya ingin menunjukkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama pantai yang merupakan aset alam yang perlu dilestarikan.

"Menjaga lingkungan bukan hanya tugas petugas kebersihan atau dinas terkait, akan tetapi ini menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat. Oleh sebab itu TNI hadir sebagai contoh di tengah masyarakat," tuturnya.

Kegiatan aksi bersih pantai ini difokuskan pada pembersihan sampah plastik, sampah bungkus makanan, minuman dan sampah-sampah lain yang tersapu ombak masuk ke tepi pantai.

Dalam kegiatan tersebut masyarakat setempat berhasil mengumpulkan sebanyak 30 kantong sampah berukuran besar yang selanjutnya diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024