Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-119 tahun 2024 untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

"TMMD Reguler ke-119 dilaksanakan selama satu bulan mulai dari 20 Februari 2024. Lokasi kegiatan ini berpusat di Desa Negeri Rumah Tiga, Teluk Ambon, Kota Ambon," kata Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Leo Octavianus MS di Ambon, Selasa.

Dandim mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik dan nonfisik selama satu bulan ke depan.

Ia mengungkapkan bahwa TMMD Reguler ke-119 mengangkat tema "Sinergisitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat".

"Sebanyak 150 personel TNI diturunkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut," katanya.

Baca juga: Kodim 1504/Ambon bangun sumur bor untuk warga Kaitetu Maluku

Letkol Inf Leo Octavianus menuturkan bahwa kegiatan fisik akan dilaksanakan di dua titik yaitu di Dusun Bandari, Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon dengan sasaran fisik yaitu pembuatan saluran drainase, pembangunan sarana MCK dan pipanisasi, pengecatan gedung balai, serta pembangunan rumah layak huni.

"Ada pun di Dusun Talaga Pange, Negeri Rumahtiga antara lain pembuatan jalan setapak dan talud," katanya.

Selanjutnya, untuk kegiatan nonfisik yang dilakukan meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air, serta penyuluhan dan pembinaan masyarakat tentang tanggap bencana.

Kemudian penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan bahaya minuman keras dan narkoba, penyuluhan KB kesehatan, dan penyuluhan stunting, posyandu dan Posbindu Pattimura.

“Kami berharap dari penyuluhan ini timbul kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam hal ketahanan, keamanan dan kecintaan terhadap bangsa serta negara,” tandasnya.

Baca juga: Kodim 1504/Pulau Ambon bersama warga melakukan aksi bersih lingkungan

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024