Komando distrik militer (Kodim) 1504 Ambon menggelar aksi donor darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Istri Tentara (Persit) ke-78.

"Donor darah ini merupakan satu dari banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan Kodim untuk menyambut HUT Persit," kata Dandim 1504 Ambon Letkol Inf Leo Octavianus MS di Ambon, Minggu.

Dalam melakukan aksi donor darah ini, kata dia, Kodim menggandeng pihak kesehatan di bawah lingkup TNI serta Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menyalurkan sejumlah kantong darah yang terkumpul.

Donor darah tersebut, lanjutnya, juga ikuti oleh instansi terkait antara lain personel Brimob Polda Maluku, Polresta Ambon, dan Pemkot Ambon. 

“Donor darah ini tidak ada target yang ditentukan, tapi kami menyelenggarakannya selama dua hari dan hari ini adalah hari kedua pelaksanaannya. Pada hari pertama kemarin mendapatkan 87 kantong darah, kemudian hari ini sedang berjalan, mudah-mudahan kita bisa semaksimal mungkin mendapatkan kantong darah agar dapat membantu sesama kita, khususnya untuk masyarakat Kota Ambon,” kata Dandim Leo Octavianus.

Sementara itu PMI Kota Ambon juga terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukan aksi donor darah guna memenuhi ketersediaan stok kantong darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Penduduk Kota Ambon dengan total populasi 348.225 jiwa, berdasarkan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), membutuhkan stok darah  minimal persen dari jumlah penduduk.

Stok kebutuhan kantong darah di Ambon tinggi seiring permintaan rumah sakit di kota itu yang juga merawat pasien dari kabupaten lain di Maluku.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024