Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon bersama Dinas Pertanian (Distan) setempat melakukan penyuluhan untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan milik warga di Dusun Bandari, Desa Rumahtiga, Teluk Ambon, Kota Ambon.

“Penting bagi masyarakat dan  petani untuk mengoptimalkan lahan yang ada agar bisa lebih produktif dan menghasilkan secara ekonomi dengan menanam sayuran,” ucap Koordinator penyuluhan Pertanian di wilayah Kecamatan Teluk Ambon Rasianto di Ambon, Kamis.

Pasalnya kata Rasianto  pemanfaatan lahan di wilayah sekitar Negeri Rumahtiga dan wilayah Kecamatan Teluk Ambon dapat dimaksimalkan untuk pengembangan komoditas sayuran.

Ambon  memiliki daerah-daerah sentra, terutama untuk sayuran hortikultura yaitu cabai, tomat yang permintaannya di pasaran tergolong tinggi, jika lahan yang ada optimal ditanam  pemerintah tidak perlu mendatangkan sayuran dari luar daerah,” kata Rasianto

Ia melanjutkan khusus untuk tanaman cabai penting dilakukan budidaya untuk menekan inflasi karena tingginya harga cabai saat ini, oleh sebab itu para petani kata dia harus digerakkan untuk terus mengembangkan budidaya tanaman cabai sehingga tanaman cabai tidak mengalami inflasi di Kota Ambon.

Untuk  Kota Ambon  ada dua kecamatan yang sentral dan  berpotensi dalam mengembangkan pertanian cabai yakni di Kecamatan Baguala dan Kecamatan Teluk Ambon, termasuk Dusun Bandari.

"Sangat disayangkan apabila kecamatan sentral ini tidak dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok petani dengan baik,” katanya.

Di tempat yang sama Kasubag UPTD Penyuluh Pertanian Hendri Horhoruw mengatakan penyuluhan pertanian yang dilakukan tersebut juga untuk  untuk menambah kelompok tani agar potensi pertanian di desa itu dapat dikembangkan secara maksimal.

“Dengan adanya sosialisasi ini kita mengharapkan ke depan bisa ada kelompok-kelompok tani yang baru sehingga penjangkauan, pembinaan terhadap kelompok tani ini bisa dilakukan, karena ini juga merupakan salah satu amanat Undang-Undang yaitu bagaimana kita membina kelompok petani,” ujar  Hendri.

Sementara itu pada TMMD ke-119 kali ini Satgas TMMD juga melakukan berbagai pembangunan fisik maupun penyuluhan lainnya kepada warga seperti penyuluhan anti narkoba, penyuluhan pengolahan sampah dan lain sebagainya. Beragam penyuluhan ini diharapkan dapat mengedukasi warga di lokasi TMMD.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024