Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) menggandeng pengelola kapal cepat MV Miko Natalia 88 melakukan operasi pelayaran dengan rute pelabuhan A.Yani Ternate menuju pelabuhan Gurapin Kota Tidore Kepulauan.

Kadis Perhubungan Malut, Imran Yakub dihubungi, Selasa, mengatakan, Pemprov Malut telah melakukan kerjasama dengan PT MV Miko Natalia 88 dan telah diberikan rekomendasi persetujuan pengoperasian kapal cepat rute Ternate-Sofifi.

Seperti diketahui, MV Miko Natalia 88 terhitung mulai, Senin, 18 Maret 2024 beroperasi untuk melayani aktivitas angkutan penumpang khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Pelabuhan A.Yani Ternate menuju pelabuhan Gurapin, Tidore Kepulauan.

Kehadiran kapal cepat MV Miko Natalia 88 untuk memenuhi kebutuhan aktivitas transportasi laut memadai untuk rute Ternate-Sofifi PP dengan harga Rp70 ribu per orang dan bisa memberikan kenyamanan bagi penumpang dan memiliki standar keselamatan yang memadai.

Sebab, kata Imran, kapal cepat MV Miko Natalia 88 sangat untuk memenuhi kebutuhan aktivitas pelayaran setiap hari, khususnya bagi PNS yang tinggal di Ternate dan bekerja di Sofifi

Baca juga: Ditpolairud Polda Maluku temukan kapal cepat hilang di Perairan Kesui

Sementara itu, Nahkoda MV Miko Natalia 88 , Uli dalam keterangannya mengatakan, kapal cepat semula berasal dari Batam, namun sudah empat bulan berada di daerah Malut, dengan rute Ternate - Bacan maupun Ternate-Gita tetapi kurangnya arus penumpang akhirnya tidak beroperasi lagi.

Menurut Uli, kapal MV Miko Natalia yang akan melayani PNS dari Pelabuhan A.Yani Ternate menuju pelabuhan Gurapin dengan kapasitas 240 sit dengan waktu tempuh perjalanan selama 25 menit, dengan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate pada pukul 08.00 WIT dan kembali Ternate pada pukul 16.30 WIT.

Sedangkan, Kepala Cabang PT Putra Obi Mandiri, Fadli Ali berharap, dengan kehadiran kapal cepat akan permudah akses transportasi bagi PNS yang masuk kantor tepat waktunya

Untuk diketahui, kapal MV.Miko Natalia memiliki dua deck, dengan kecepatan rata rata 25-26 knot dengan waktu tempuh 25 menit tiba pelabuhan tujuan.


Baca juga: Kapal Expres Cantika 88 di Maluku Tengah tak beroperasi akibat kerusakan mesin

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024