Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan kerja sama dengan perusahaan pengembang lapangan abadi Blok Masela yakni Inpex Masela dengan memberikan beasiswa kepada 107 mahasiswa Unpatti.

"Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan surat perjanjian kerja sama antara pihak kami dan Inpex," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan yang diterima di Ambon, Sabtu.

Prof Fredy Leiwakabessy mengatakan, penandatanganan MoU ini lebih tepatnya terkait dengan perbantuan beasiswa bagi mahasiswa Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang ada Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Aru.

"Beasiswa itu dianggarkan oleh Inpex Masela dengan memberikan kuota kepada 107 Mahasiswa. kerja sama seperti ini akan terus dilanjutkan kedepannya dalam bidang pengembangan SDM lainnya," ucap Freddy.

Sementara itu Manager Communicatons dan Relations Inpex Masela, Puri Minari mengatakan bahwa pemberian beasiswa merupakan bentuk investasi Inpex Masela kepada masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja mereka, khususnya para mahasiswa berprestasi tapi kurang mampu secara ekonomi.

Inpex juga akan menyelenggarakan kegiatan pendampingan dan peningkatan kapasitas mahasiswa penerima beasiswa, yakni pelatihan berkala untuk peningkatan prestasi akademik dan non akademik.

Menurut dia, kendati selama ini beasiswa hanya diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari sekitar wilayah kerja blok Masela, tidak menutup peluang program tersebut bagi mahasiswa dari wilayah lainnya di Maluku.

Karena program itu untuk mendukung Unpatti sebagai mitra pemangku kepentingan melahirkan lulusan perguruan tinggi yang mandiri dan produktif, sehingga mampu berperan dalam upaya mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Maluku.

"Ini adalah salah satu wujud kepedulian dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Maluku melalui Unpatti, agar mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan dengan prestasi yang memuaskan," ujarnya.

Hadir bersama juga dalam penandatanganan ini adalah Wakil Rektor II, Prof Pieter Kakisina, Wakil Rektor IV, Dr Ruslan Tawari dan sejumlah pejabat Unpatti lainnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024