Ambon (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menyeleksi warga yang telah mendaftarkan diri sebagai calon anggota Relawan Demokrasi yang akan bertugas meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.

"Dijadwalkan Senin (27/1) kami akan melakukan pemanggilan sekaligus tes terhadap calon Relawan Demokrasi yang telah mendaftar dan mengembalikan berkas di KPU Ambon sejak Oktober 2013," kata Sekretaris KPU Kota Ambon Paulus Lekatompessy di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan pendaftaran untuk warga yang akan masuk Relawan Demokrasi telah dibuka sejak 10-25 Oktober 2013 di Kantor KPU Ambon. Jumlah pendaftar 36 orang.

"Sebanyak 36 orang telah mendaftarkan diri mengikuti program Relawan Demokrasi, tetapi kami terkendala anggaran pelaksanaan program tersebut sehingga proses seleksi ditunda hingga Januari 2014," katanya.

Pihaknya telah menerima berkas pendaftaran, selanjutnya dilakukan tes seleksi secara administrasi dan wawancara.

"Kami targetkan sebanyak 25 relawan akan direkrut untuk mendampingi para pemilih pemula, lanjut usia, dan pemantauan saat Pemilu 2014, kepada 257.989 pemilih yang tersebar di 736 tempat pemungutan suara (TPS) di Ambon," ujarnya.

Dia menjelaskan pembentukan Relawan Demokrasi bertujuan meningkatkan kualitas pemilu, partisipasi pemilih, kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi di Provinsi Maluku.

Program Relaawan Demokrasi digagas KPU dan diimplementasikan KPU provinsi dan kabupaten serta kota se-Indonesia dengan melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari lima segmen pemilih strategis.

"Lima segmen pemilih strategis, yaitu pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, dan kelompok pinggiran. Mereka akan dibentuk di setiap segmen yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitas," katanya.

Paulus mengatakan setelah dilakukan seleksi terhadap mereka, pihaknya akan melakukan pembekalan sebelum mereka mengemban tugas dan tanggung jawab agar bisa bekerja sama dengan Panwaslu Kota Ambon maupun komponen bangsa lainnya guna memantau pelaksanaan Pemilu 2014.

"Menghadapi Pemilu DPR,DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Tahun 2014, kami berupaya meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014