Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku menjalin kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memperkuat sistem pendataan kampus menuju taraf internasional.

"Kerja sama ini guna penguatan dan pengembangan bidang statistika dan sains data serta pembinaan pendataan Universitas Pattimura," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Jumat.

Menurut Rektor Freddy data dan informasi yang akurat pada era informasi saat ini sangatlah penting bagi para mahasiswa dan dosen sebagai sumber riset maupun publikasi.

"Oleh karena itu, MoU ini menjadi motivasi agar implementasi melalui kerja sama dengan fakultas maupun lembaga dalam lingkup Unpatti dapat dikembangkan untuk kemanfaatan bersama dan sekaligus mendekatkan statistik kepada warga kampus dan masyarakat umu m," ujar rektor.

Sementara itu Kepala BPS Maluku Maritje Pattiwaellapia berharap MoU ini menjadi payung bagi implementasi kerja sama yang dikembangkan dengan Fakultas Ekonomi Bisnis dan juga Fakultas Pertanian Unpatti.

"Semoga kerja sama yang terbangun ini menjadi penguatan bagi Unpatti untuk tetap berkolaborasi dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan untuk melahirkan sumberdaya manusia yang berkompeten dan siap bersaing," katanya.

Implementasi kerja sama yang dibangun kedua pihak itu dikuatkan melalui kuliah umum di kampus Universitas Pattimura yang mengangkat tema "Generasi Z ancaman dan peluang modus demokrasi".

Kegiatan itu menghadirkan dua narasumber yaitu pegawai kantor Statistik Ahli Madya Maluku, Pauline Gaspersz, dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran Unpatti, Cristina R. Titaley serta Wakil Rektor II Unpatti, Prof Pieter Kakisina.

Pieter Kakisina mengatakan, statistik punya kekuatan yang cukup luar biasa, untuk mengcover semua data, dan data tersebut kemudian dianalisis dengan baik sehingga akan muncul kebijakan-kebijakan strategis berdasarkan data.

“Oleh karena itu, saya mengajak para mahasiswa harus berpartisipasi mengikuti kegiatan ini dengan baik. Dan tentunya tujuan dari kegiatan ini salah satunya tak lain untuk menambah wawasan para mahasiswa,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengukuhan Agen Statistik dengan beranggotakan sebanyak 10 orang mahasiswa Unpatti untuk masa bhakti 2024-2026.

Pewarta: Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024