PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menggelar konvoi komunitas kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di Kota Ambon, dalam rangka meriahkan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024.

Konvoi mobil maupun motor listrik di Ambon dengan rute mulai dari kawasan Gong Perdamaian Dunia dan melewati Jalan Slamet RIyadi, PLN ULP Ambon Kota hingga kembali ke titik finish, kata General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HPN 2024, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkemuka di Indonesia, PLN UIW MMU telah melaksanakan berbagai kegiatan selama bulan pelanggan.

"Kami bersama berbagai pemangku kepentingan melaksanakan konvoi kendaraan listrik roda empat dan roda dua. Melalui kegiatan ini, Kami ingin mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat umum terkait manfaat penggunaan kendaraan listrik," ujar Awat.

Ia menyatakan, meski udara kota Ambon dinilai bersih, tetapi sebagai upaya memelihara dan menjaga keberlangsungan untuk jangka panjang, perlu dilakukan kampanye.

Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah mengurangi emisi karbon, sehingga membantu menciptakan lingkungan yang lebih segar dan nyaman.

"Momentum HPN 2024 ini, kami membangun sinergi bersama pelanggan dan tetap berkomitmen untuk terus melayani seluruh pelanggan dengan meningkatkan layanan yang inovatif dan responsif," ujarnya.

Untuk mendukung pengguna kendaraan listrik, PLN UIW MMU juga telah membangun fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara.

Di Kota Ambon sendiri terdapat tiga titik SPKLU, selain itu ada di Maluku Tengah, Ternate, dan beberapa lainnya.

"Ke depannya di setiap kantor PLN juga akan kami sediakan fasilitas ini, sehingga masyarakat tak perlu ragu dan dapat menggunakannya untuk pengisian daya kendaraan," katanya.

Sementara itu Plh Sekretaris Daerah provinsi Maluku, Suryadi Sabirin mengatakan, PLN UIW MMU semakin memberikan pelayan yang baik kepada pelanggan di momentum HPN 2024 ini.

"Inovasi PLN patut kita berikan apresiasi, yang mana saat ini di Provinsi Maluku telah dipromosikan kendaraan listrik. Penggunaan kendaraan listrik ini merupakan salah satu agenda nasional dalam rangka mengurangi kendaraan berbahan bakar BBM, karena semakin hari semakin mahal, " katanya.

Pihaknya berharap, ke depan akan lebih banyak masyarakat yang berminat untuk menggunakan kendaraan listrik ini.

Sementara itu, manfaat penggunaan kendaraan listrik ini diakui salah satu penggunanya di Maluku, yakni Bupati Kabupaten Buru Selatan, Safitri Malik.

"Pasca dilantik mungkin saya yang pertama pengguna kendaraan mobil listrik sebagai mobil dinas. Lebih ekonomis itu pasti, jadi kita bisa menggunakan anggaran negara untuk hal yang lebih penting. Kemudian juga Kami turut berupaya untuk mengurangi polusi emisi karbon," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024