Pemerintah Provinsi Maluku Utara meminta aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu meningkatkan integrasi bangsa, terutama melalui cara-cara konstruktif dalam pembinaan dan profesionalisme kalangan itu.

"Hari Kesadaran Nasional memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara, untuk para ASN dapat meningkatkan integrasi bangsa, melalui pembinaan ideologi negara dan wawasan kebangsaan," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Kadri La Etje di Ternate, Selasa.

Ia mengatakan Hari Kesadaran Nasional menjadi media untuk meningkatkan sinergitas dalam pembangunan bangsa, negara, dan daerah ke arah yang lebih baik.

Ia juga mengapresiasi ASN yang hadir pada upacara bendera peringatan Hari Kesadaran Nasional pada Selasa ini.

Ia mengharapkan melalui kegiatan ini kesadaran berdisiplin dapat lebih ditingkatkan, karena hal tersebut, sebagai salah satu wujud ASN yang profesional, bertanggungjawab, dan berwibawa.

Kadri mengungkapkan upacara HKN langkah konstruktif meningkatkan kinerja, loyalitas, disiplin, kemampuan, dan kapasitas ASN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Karena semua itu merupakan kewajiban kita sebagai abdi negara dan masyarakat," katanya.

Ia juga meminta ASN menjaga kekompakan dan bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsi sehingga tercipta lingkungan kerja yang kondusif, sehat, dan berkualitas. 

Hal itu, katanya, untuk mencapai kesuksesan pelaksanaan tugas dan fungsi ASN dengan tetap mengedepankan fondasi dasar ber-AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) di masing-masing organisasi perangkat daerah.

Selain pelaksanaan upacara bendera, Hari Kesadaran Nasional lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Utara dirangkai dengan beberapa kegiatan, antara lain penyerahan surat keputusan (SK) pensiun secara simbolis, penyerahan tabungan hari tua (THT) dan cenderamata oleh Taspen, serta pemeriksaan kesehatan secara gratis bekerja sama dengan Kimia Farma, meliputi pengecekan kolesterol, asam urat, gula darah, dan tekanan darah terhadap ASN.

Pemprov Malut menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman kantor gubernur setempat, yang antara lain dihadiri staf ahli gubernur, para asisten, jajaran pimpinan OPD, dan ASN di Lingkup pemprot setempat.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024