Dua atlet dayung Maluku Rusdy Ely dan Arny Silva berjaya di babak penyisihan dayung laut atau Rowing Beach Sprint (RBS) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara setelah memastikan masing-masing satu tiket menuju babak perempat final usai mengungguli para pesaingnya.

"Mereka berdua berlomba di nomor RBS Coastal Men's Solo (CM1X) dan RBS Coastal Mixed Double (CM1X2X)," kata pelatih tim dayung Maluku Cores Sahupala saat dihubungi dari Ambon, Selasa.

Cores menjelaskan bahwa saat pertandingan babak repechage RBS Coastal Men's Solo (CM1X) yang berlangsung di Pantai Pulau Kapuk, Loknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, pedayung Maluku Rusdi Ely berhasil lolos ke perempat final setelah mengalahkan wakil Maluku Utara M Rafli Adlan.

"Sejak perlombaan dimulai Rusdi telah unggul jauh meninggalkan Rafli hingga finish,  Rusdi berhasil mencatatkan waktu dua menit 20 detik sementara Rafli tiga menit satu detik," ujarnya.

Ia melanjutkan pada nomor RBS Coastal Moxed Double (CM1X2X) Rusdy Ely dipasangkan dengan Arni Silva Pattipeiluhu berlomba di babak repechage, Rusdi/Arni unggul dari wakil Sumatera Barat (Sumbar) Rendi Syuhada Anugrah dan Siti Hasanah.

"Rusdi/Arni finish dengan catatan waktu dua menit 23 detik semetara Rendi/Siti 2 menit 37 detik," ucapnya.

Pada kategori dayung laut, Maluku membuka peluang untuk membawa pulang medali emas pada PON XXI ini.

Pasalnya sejauh ini sudah ada tiga atlet dayung Maluku yang lolos dengan catatan waktu menakjubkan dibanding kompetitornya.

Sebelumnya, pedayung Maluku Issa Behuku memastikan lolos ke perempat final nomor RBS Coastal Women's Solo (CW1X).

Pada babak perempat final nomor RBS Coastal Men's Solo (CM1X) Rusdi Elly akan menghadapi wakil Papua Barat Yusak Apaseray, di nomor RBS Coastal Mixed Double (CM1X2X) Rusdi/Arni akan berhadapan dengan wakil Papua Barat Enokh Adadikam/Marian Win Dewan Kareni serta di nomor RBS Coastal Women's Solo (CW1X) Issa Behuku akan berpacu dengan wakil Sulawesi Tenggara Aulia Galib.

Sementara itu pada kesempatan lain, Ketua Harian KONI Maluku Musatafa Kamal mengemukakan bahwa Maluku menargetkan 10-15 medali emas pada gelaran PON kali ini.

Pasalnya pada gelaran PON kali ini Maluku mengirimkan sebanyak 13 cabang olahraga dengan 54 atlet pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024. Terdiri dari Dayung, Karate, Selam, Kempo, Atletik, Billiard, Kick Boxing, Muaythai, Menembak, Tarung Derajat, Tinju, Wushu, Taekwondo. Dayung, tinju, dan seni bela diri menjadi andalan Maluku.

Mustafa Kamal mengatakan bahwa Pemerintah daerah telah menyiapkan bonus bagi para atlet yang berhasil memenangkan medali pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024. 

“Bonus nanti jadi tanggung jawab Pemda dan sudah kami komunikasikan dengan penjabat Gubernur,” tutur Mustafa Kamal. 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024