Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Moluccas Coastal Care (MCC) membagikan sebanyak 530 anakan pohon secara gratis kepada masyarakat pesisir di Negeri Suli, Maluku Tengah, sebagai upaya merawat lingkungan yang asri.

“Dengan pembagian ratusan anakan pohon di Negeri Suli, maka total anakan pohon yang telah dibagikan LSM MCC selama 7 tahun terakhir bagi masyarakat Maluku telah mencapai sebanyak 52.615 anakan pohon,” kata Direktur MCC Teria Salhuteru, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan pembagian pohon gratis kali ini MCC berkolaborasi dengan acara Urban Dance Session. Kolaborasi ini dibuat dengan tujuan berolahraga bersama masyarakat Pantai Suli Air Panas Salampessy, juga melakukan kegiatan Moluccan color art class, serta olahraga air dengan alat paddle board.

“Kolaborasi dance dan pembagian pohon dilakukan bersama, karena Negeri Suli sejak dulu memiliki potensi pariwisata yang luar biasa dengan pasir putih panjang yang indah. Sehingga kita ingin masyarakat lebih sadar untuk merawat pesisir pantai,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat akan terus mengembangkan wisata pantai dan wisata bahari salah satunya dengan melakukan acara-acara di wilayah pesisir pantai, agar banyak orang baik lokal, nasional dan internasional dapat berkunjung dan menikmati keindahan Pantai Suli.

Kegiatan tersebut melibatkan 64 orang yang mengikuti olahraga bersama dari kalangan ibu-ibu, anak muda juga wisatawan dari Belanda yang sedang berkunjung ke Pantai Salampessy Air Panas tersebut.

Setelah acara olahraga MCC kemudian membagikan 530 anakan pohon. Tercatat sebanyak 113 masyarakat Suli datang dan mengambil anakan pohon pucuk merah, rambutan, cengkeh dan mangga.

“Pohon yang kami bagikan secara gratis itu hasil dari kerja sama dengan BPDASHL Waeapu Batumerah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Rarmuru Letwory (URBAN FIT VIBEZ) di Belanda, Charissa Saija (Moluccan color art project) dan LSM Moluccas coastal care (MCC).

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024