Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Ambon memberikan pelatihan perkebunan hidroponik kepada warga binaan pemasyarakatan sebagai bentuk pembinaan kemandirian bagi mereka.

"Menanam hidroponik menjadi salah satu pembinaan kemandirian di LPP Ambon," kata Kepala Sub Seksi Pembinaan LPP Ambon, Wa Otje, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan hal ini juga merupakan program Kanwil Kemenkumham Maluku melalui pembinaan kemandirian yang memberdayakan WBP dengan melakukan perawatan terhadap tanaman hidroponik.

Dalam kegiatan itu para WBP juga diperkenalkan dengan cara perawatan khusus untuk dilakukan pada tanaman hidroponik guna menjaga kualitas dari tanaman tersebut sehingga saat panen tiba dapat diperoleh sayuran dengan kualitas yang baik.

Adapun cara memberikan perawatan khusus pada tanaman hidroponik yakni dengan rutin mengecek kualitas air, memberikan larutan nutrisi, dan mengecek tanaman secara berkala.

"Setelah warga binaan mendapatkan pelatihan keterampilan hidroponik, kemudian langsung diaplikasikan untuk mengelola dan merawat tanaman hidroponik yang dimiliki lapas.

Wa Otje menuturkan, kegiatan pembinaan di Lapas Perempuan ini tetap berjalan dengan baik dan pihaknya berkomitmen untuk terus memberdayakan warga binaan untuk tetap ada dalam pembinaan maupun kegiatan kerja.

“Pembinaan maupun kegiatan kerja yang dilakukan oleh WBP dalam setiap kegiatan menjadi tolok ukur berhasil atau tidaknya proses pembinaan di Lapas Perempuan Ambon," ujarnya.

Menurut dia, proses pembinaan WBP harus merata di semua bidang, mulai dari pembinaan kemandirian dari berbagai bidang maupun kegiatan kerja, pembinaan kepribadian, hingga pembinaan kerohanian.

"Kami akan tetap mengupayakan apa yang menjadi hak dari warga binaan yaitu mendapatkan pembinaan yang baik pada lingkungan lapas, oleh karena itu dengan adanya kegiatan pembinaan seperti ini warga binaan membawa bekal saat bebas nanti," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024