Empat nama pimpinan DPRD Maluku periode 2024-2029 ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD dalam rangka pengumuman calon pimpinan definitif DPRD provinsi periode 2024-2029.

Rapat paripurna penetapan empat nama pimpinan definitif dari parpol peraih kursi terbanyak pada Pileg 2024 dipimpin Wakil Ketua sementara DPRD Maluku Irawadi di Ambon, Senin malam.

Empat nama pimpinan definitif yang ditetapkan dalam paripurna ini selanjutnya disampaikan kepada Gubernur Maluku untuk diteruskan ke Mendagri guna mendapatkan persetujuan.

Selanjutnya, kata Irawadi, pengucapan sumpah dan janji empat pimpinan definitif DPRD Maluku periode 2024-2029 ini akan dilakukan setelah pengusulan disetujui Menteri Dalam Negeri.

Paripurna DPRD yang dihadiri Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dan pimpinan OPD, sementara pembacaan draft keputusan pimpinan dewan dibacakan Pelaksana tugas Sekretaris DPRD Maluku Rabiah Samal.

Empat nama yang ditetapkan dalam paripurna DPRD sebagai pimpinan definitif DPRD Maluku 2024-2029 antara lain Benhur George Watubun,  dari PDI Perjuangan sebagai ketua DPRD Maluku.

Kemudian Johan Johanis Lewerissa, (Gerindra), Muhammad Fauzan Rahawarin  (NasDem) dan Abdullah Asis Sangkala,  (PKS) masing-masing sebagai wakil ketua DPRD.

"Empat nama pimpinan DPRD Maluku periode 2024-2029 ditetapkan setelah Sekretariat DPRD menerima surat resmi dari masing-masing partai politik," kata Rabiah Samal.

Dalam Pemilu Legislatif 2024, PDI Perjuangan meraih delapan kursi di DPRD Maluku disusul Partai Gerindra lima kursi, NasDem dan PKS masing-masing mendapatkan empat kursi sehingga mendapatkan jatah wakil ketua DPRD.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024