Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) memanfaatkan momentum peringatan HUT ke-25 provinsi itu dengan mengembangkan berbagai olahraga tradisional.

"Pencanangan olahraga tradisional yang merupakan bagian dari rangkaian HUT Pemprov Malut ini juga sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Sistem Keolahragaan Nasional," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Malut Sri Haryanti Hatari usai membuka lomba olahraga tradisional di Sofifi, Selasa.

UU tersebut mengamanatkan agar setiap daerah agar dapat menumbuhkembangkan olahraga tradisional mulai dari tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Ia menjelaskan dalam HUT kali ini terdapat dua kategori olahraga tradisional yang diperlombakan yakni hadang atau sem dan terompa panjang, yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Malut.

"Saya mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Malut, terutama masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Oba, Kota Tikep, agar dapat bersama-sama mensukseskan kegiatan HUT ini," ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia HUT Provinsi Malut Marwan Polisiri dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan OPD yang selalu berpartisipasi aktif dalam kegiatan HUT ke-25 Maluku Utara pada tahun 2024.

"Kami dari panitia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dispora dan Kepala Disperkim yang telah menjadi dewan juri serta menyiapkan lahan kantor untuk kegiatan lomba olahraga tradisional ini," ungkapnya.

Ia berharap agar kegiatan HUT  dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Sekedar diketahui, terdapat beberapa mata lomba yang diperlombakan dalam HUT Pemprov Malut yakni lari 5k dan 10k, gerak jalan tingkat pelajar dan umum, serta lomba olahraga tradisional hadang (sem) serta Terompa Panjang.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024