Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Tahmid Wahab, menyatakan pihaknya fokus untuk mengawasi dan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama dalam tahapan kampanye pilkada serentak 2024 di daerah ini.

"Memang, menyangkut dengan pesta demokrasi,  tugas utama lebih fokus masalah keamanan dan ketertiban masyarakat serta  netralitas ASN," kata Pjs Wali Kota Ternate Tahmid Wahab dihubungi, Selasa,

Dia menyatakan, dalam menjaga netralitas ASN di Pemkot Ternate, telah melakukan pertemuan dengan  Camat dan para Lurah di Kecamatan Ternate Tengah telah menyampaikan, bahwa menyangkut  pesta demokrasi Pilkada  2024 kita harus netral.

Tugas pokok sebagai abdi negara jangan sampai diabaikan, bila perlu meningkatkan disiplin kemudian pelayanan publik dimaksimalkan sehingga masyarakat merasa puas dalam situasi transisi sekarang ini .

Sementara ASN memiliki asas netralitas yang di amanatkan dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. 

"Dalam aturan itu disebutkan ,bahwa ASN  tidak  melakukan politik praktis dalam tugasnya.  ASN  juga harus fokus dan memastikan pelayanan publik tetap berjalan, selain itu juga tugas tugas pokok  kita sebagai ASN," kata Tahmid.

Sedangkan, terkait dalam pilkada 27 November 2024 mendatang masyarakat juga di minta untuk  ikut  partisipasi dalam pemeliharaan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap kelurahan.

Sementara itu, Pemprov Malut mengingatkan seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di provinsi itu untuk menjaga netralitas dan tidak berpihak pada bakal calon gubernur  menjelang pelaksanaan  Pilkada serentak 2024.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024