Ambon, 29/2 (Antara Maluku) - Klinik Mata Ambon Vlissingen (AV) mengelar bakti sosial operasi katarak gratis kepada warga Kota Ambon pada 29 Februari - 9 Maret 2016.

"Operasi katarak dilaksanakan di klinik mata AV Desa Passo Kecamatan Baguala dan terbuka untuk seluruh masyarakat kota Ambon. Operasi dilakukan tim dari Belanda yang diketuai oleh dr Wilda," kata Kepala Klinik Mata AV Daniel Siegers, Senin.

Ia mengatakan, sebanyak 27 pasien telah terdafar untuk menjalani operasi dan saat ini menjalani perawatan, sedangkan puluhan pasien yang lain sedang mengantre untuk proses perawatan.

Ada dua lokasi yang dijadikan lokasi bakti sosial yakni pembagian kacamata dan pemeriksaan mata di Desa Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan, sedangkan operasi mata gratis dilaksanakan di Klinik Mata AV.

"Target kita sebanyak mungkin warga kota Ambon yang mengalami gangguan kesehatan mata, karena operasi dan pemeriksaan penyakit mata dilakukan bersama dengan tim dokter dari Belanda," katanya.

Menurut dia, bakti sosial yang dilakukan berupa pembagian kacamata gratis bagi warga kota sekaligus pemeriksaan pasien yang mengalami gangguan kesehatan mata.

Jumlah kacamata baca akan dibagikan kepada 5.000 pasien sekaligus dilakukan pemeriksaan terhadap pasien yang terkena penyakit mata.

"Sedangkan di Klinik AV akan dilakukan operasi bagi pasien mata secara gratis yang dimulai dengan tahapan perawatan," ujarnya.

Daniel menyatakan, pemeriksaan dan pembagian kacamata ditargetkan bagi pasien yang berumur 35 tahun ke atas yang sudah tidak dapat membaca lagi tanpa menggunakan bantuan kacamata.

"Jumlah penderita penyakit mata di Kota Ambon cukup banyak, sehingga masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan," katanya.

Ditambahkannya, bakti sosial gratis tidak membutuhkan pendaftaran karena itu siapa saja warga yang membutuhkan bisa langsung ke lokasi kegiatan.

"Warga Kota Ambon yang ingin mendapatkan kacamata baca secara gratis dapat langsung ke lokasi bakti sosial di Hutumuri, sedangkan untuk operasi bisa ke Passo," tandasnya.

Pihaknya berharap semakin banyak warga kota yang datang mendapatkan perawatan semakin baik untuk tingkat kesehatan mata.

"Waktu yang diberikan sangat singkat, kami berharap warga bisa berpartisipasi untuk melakukan pemeriksaan karena tim dari Belanda akan kembali ke negaranya usai kegiatan," kata Daniel.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016