Ambon, 10/9 (Antara Maluku) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen. TNI Doni Monardo meminta seluruh satuan tugas di jajarannya untuk menggalakkan program "emas biru" (potensi kelautan dan perikanan) demi kesejahteraan masyarakat Maluku.

Siaran pers Pendam Pattimura yang diterima Antara, Sabtu, menyebutkan, Pangdam menyampaikan hal itu saat memberikan pengarahan (Jam Komandan) kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura, dalam satu acara yang digelar di Lapangan Tembak Gudmurah Paldam Waiheru, Kota Ambon.

Dalam kesempatan itu, Pangdam juga menyampaikan respon dan apresiasi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat tentang program membangun Maluku dari laut yang disebut Emas Biru saat berlangsung acara peluncuran lokal Hari Pers Nasional 2017 di kawasan Tantui, Kamis (8/9).

Terkait apresiasi tersebut, seluruh satuan Balak Kodam diminta melaksanakan kegiatan seperti dilakukan Zipur-5/Cmg, yang membuat budi daya laut dan berhasil menjual ikan sebanyak 5 ton per tujuh bulan panen.

Jam Pangdam diawali penyampaian Irdam, Asren, Aspers, Aslog, Aster, Waasintel dan Kasdam XVI/Pattimura tentang informasi dan hal-hal menonjol yang perlu diketahui oleh prajurit dan PNS.

Sebelum memberikan arahan, Pangdam memberikan piagam penghargaan kepada Rumah Sakit (Rumkit) Tk.II Prof. DR. J.A Latumenten yang berhasil maraih juara 1 Lomba Promosi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Rumah Sakit TNI-Polri Tingkat Nasional tahun 2016 dari BKKBN sebagai rumah sakit yang terbersih dan terbaik dalam pelayanan terhadap pasien.

Pangdam juga memberi Piagam penghargaan dan hadiah kepada prajurit dan PNS yang berprestasi dalam bidang olah raga karate, pemenang lomba jalan cepat, dan Babinsa yang berhasil menyadarkan masyarakat Desa Aboru yang dulunya terlibat dalam tokoh cakalele di sana.

Penghargaan tersebut diharapkan bisa motivasi prajurit lainnya untuk terus berbuat yang terbaik kepada satuan dan menjadi ujung tombak dalam membela NKRI.

Emas Biru dan Emas Hijau (potensi alam dan tumbuhan) merupakan dua program unggulan yang diluncurkan Kodam XVI/Pattimura untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di provinsi Maluku.

Dalam upaya membangun negeri raja-raja ini, Pangdam Doni Monardo juga mencanangkan gerakan 4S (senyum, sapa, salaman, silaturahim) untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya persahabatan dan nilai-nilai kemanusiaan, dengan menghindari apa yang disebutnya sebagai 4M (mabuk, marah, melotot, memukul). 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016