Ambon, 27/7 (Antaranews Maluku) - Kepolisian Daerah Maluku mengajak seluruh komponen warga dan instansi terkait untuk sama-sama peduli membantu kesulitan warga komunitas adat terpencil suku Mausu Ane di pedalaman hutan Seram Gunung Morkele, Kabupaten Maluku Tengah.

"Lewat kepedulian serta memiliki rasa berbagi kepada masyarakat suku terasing ini secara tidak langsung telah mengurangi penderitaan mereka," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Jumat.

Saat ini distribusi bantuan sosial berupa aneka kebutuhan bahan pokok dan obat-obatan termasuk tim medis Polda Maluku untuk membantu masyarakat suku terasing Mausu Ane di pedalaman hutan Seram gunung Morkele, Kabupaten Maluku Tengah, telah dilaksanakan.
 
Distribusi pangan dan kebutuhan lain untuk suku Mausu Ane di pulau Seram yang mengalami krisis makanan. (Daniel Leonard)

"Bantuan sosial ini telah disalurkan langsung kepada masyarakat suku terasing dan tim medis dari Polda Maluku juga melakukan pemeriksaan kesehatan para warga," katanya.

Menurut dia, bantuan sosial ini diangkut dari Mapolda Maluku sejak Selasa, (24/7) sekitar pukul 18.30 WIT dan langsung menuju Pulau Seram dan tiba di lokasi pedalaman Gunung Morkele, Desa Maneo, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi pada Rabu, (25/7) sekitar pukul 19.30 WIT.

Penyerahan bantuan bahan pokok makanan dan obat-obatan dari Polda Maluku ini dilakukan oleh Kapolres Maluku Tengah dan diterima 43 orang perwakilan masyarakat suku terasing Mausu Ane didamingi Raja Negeri Maneo, Nikolas Boiratan dan kepala suku terasing Torua Labalan.

Bantuan sosial bagi masyarakat suku terasing yang disalurkan terdiri dari satu ton beras, 200 dus sari mie, serta 100 Kg gula pasir.
 
Distribusi pangan dan kebutuhan lain untuk suku Mausu Ane di pulau Seram yang mengalami krisis makanan. (Daniel Leonard)

Sementara berbagai jenis obat-obatan yang disalurkan terdiri dari vitamin untuk anak-anak dan orang dewasa, obat penghilang rasa nyeri, obat gangguan pernapasan, diare, hipertensi, gangguan lambung, obat flu, serta pemberian makanan tambahan khusus untuk anak-anak.

Polres Malteng secara khusus juga menyalurkan bantuan sosial berupa 15 karung beras, sepuluh kardus sari mie, satu kardus biskuit, sabun mandi, minyak goreng, sandal jepit, satu karung garam kasar ditambah 57 karung pakaian layak pakai.

Tim medis Polda Maluku yang diturunkan juga melakukan tugas pemeriksaan fisik masyarakat suku terasing secara umum, tensi tekanan darah, pemeriksaan paru, jantung, dan perut.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018