Ternate, 3/9 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) diminta mengembangkan objek wisata Tawa di Kecamatan Bacan Timur, untuk menarik minat wisatawan.

Pemerhati Pariwisata di Halmahera Selatan, Aliyudin M Dun, dihubungi dari Ternate, Senin, mengatakan objek wisata Tawa sangat potensial untuk menarik kunjungan wisatawan, di antaranya karena memiliki sumber air panas.

Sumber air panas di objek wisata Desa Tawa letaknya tidak jauh dari bibir pantai itu, sehingga air panas yang mengalir ke laut mengakibatkan air laut di sekitarnya terasa hangat dan selama ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mandi karena diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurut dia, daya tarik objek wisata Tawa juga didukung adanya pantai pasir yang membentang luas dan perairan laut di sekitarnya sangat jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang.

Perairan laut di sekitar objek wisata Tawa juga memiliki panorama tertumbuh karang yang sangat indah dengan aneka jenis ikan, sehingga sangat menarik untuk wisata selam, yang belakangan ini banyak dilirik wisatawan berbagai daerah di Malut.

Ia mengatakan, pembenahan yang harus dilakukan oleh Pemkab Halmahera Selatan di objek wisata Tawa itu, di antaranya berbagai fasilitas penunjang, seperti, tempat peristrhatan pengunjung, toilet dan tempat parkir kendaraan.

Selain itu, akses jalan dari Labuha, ibukota Kabupaten Halmahera Selatan ke Desa Tawa yang jaraknya sekitar 30 km, karena beberapa bagian jalan yang mengalami kerusakan sehingga sangat menghambat wisatawan yang berkunjung kesana.

"Kalau objek wisata Tawa dikembangkan pasti akan meningkatkan kunjungan wisatawan, yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Sementara itu, Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba ketika dikonfirmasi menyatakan, pihaknya akan membenahi objek wisata Tawa sebagai salah satu destinasi wisata pantai di kabupaten itu.

Dirinya mengakui, saat ini Kabupaten Halmahera Selatan memiliki berbagai objek wisata andalan yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah itu seperti objek wisata Pulau Widi, objek wisata pantai Nusa Raa, Guraici dan berbagai objek wisata lainnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018