Ternate, 8/11 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Provinsi Maluku Utara memberi peluang kepada pemerintah kabupaten/kota setempat untuk mengelola sejumlah aset pemprov berupa objek wisata.

"Namun, harus melalui syarat yaitu pemerintah kabupaten/kota mengajukan permintaan ke Pemprov Malut," kata Kepala Dinas Pariwisata Malut Samsuddin A Kadir di Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, penyerahan pengelolaan aset pariwisata milik pemprov kepada pemkab/pemkot dilakukan apabila ada permintaan, seperti yang telah dilakukan oleh Pemkab Pulau Morotai.

"Pemprov sudah melepas seluruh aset wisata di Morotai, karena memang sudah ada pemintaan dari Pemda Morotai, " kata Samsuddin.

Menurutnya, aset pariwisata yang berada di kabupaten/kota sebaiknya dilepas sehingga bisa lebih dimanfaatkan, dan apabila ada kerusakan bisa langsung diperbaiki tanpa berharap kepada pemprov.

Dia mengakui, anggaran Dinas Pariwisata Provinsi Malut terbatas sementara aset yang mesti dirawat serta diperbaiki sangat banyak.

"Kami juga keterbatasan anggaran untuk memperbaiki. Kita juga melihat ada banyak aset di Maluku Utara, seperti di Lelei dan Morotai," ujarnya.
 
Salah satu objek wisata Kahatola di Maluku Utara (Abdul Fatah)

Sementara itu, pemerhati pariwisata di Halmahera Selatan, Asmar ketika dihubungi mengatakan, banyak potensi objek wisata yang berada di kabupaten/kota, tetapi pemdanya belum maksimal membenahi karena masih berada di bawah Pemprov Malut.

Dia menyarankan pemkab/pemkot membenahi seluruh objek wisata andalan, salah satunya sumber air panas di objek wisata Desa Tawa.

Sumber air panas itu tidak jauh dari bibir pantai sehingga mengalir dan menyebabkan air laut di sekitarnya terasa hangat dan selama ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mandi karena diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurut dia, daya tarik objek wisata Tawa juga didukung adanya pantai pasir yang membentang luas dan perairan laut di sekitarnya sangat jernih dan tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang.

Perairan laut di sekitar objek wisata Tawa juga memiliki panorama tetumbuhan karang yang sangat indah dengan aneka jenis ikan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018