Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan anggaran darurat pencegahan dan penanganan covid-19.

"Saya telah menandatangani surat alokasi anggaran darurat, dan akan ditindaklanjuti untuk pencegahan dan penanganan covid-19," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Jumat.

Menurut dia, anggaran darurat akan digunakan untuk penanganan teknis tim gugus tugas percepatan dan penanganan COVlD-19 untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Anggaran disiapkan untuk keperluan kesehatan seperti pembelian masker, hand sanitizer untuk petugas kesehatan, petugas pelayanan publik serta penyiapan wastafel dan lainnya, " katanya.

Walaupun tidak menyebutkan jumlah anggaran darurat, Richard menyatakan, anggaran darurat diperoleh dari pergeseran anggaran kegiatan yang harus dilaksanakan di bulan April dan Mei 2020.

Pemkot Ambon katanya, mulai membatasi kegiatan pertemuan dalam jumlah banyak orang, anggaran kegiatan tersebut dialihkan untuk dana darurat.

"Seluruh kegiatan seremonial dibatasi, tidak lagi ada pertemuan dengan banyak orang. Kita fokus untuk pencegahan dan penanganan virus corona, " ujarnya.

Pihaknya juga telah meminta bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari tim gugus tugas penanganan covid di pusat.

"Saya telah berkoordinasi dengan kepala BNPB yang juga ketua gugus tugas terkait kebutuhan APD bagi tenaga medis di puskesmas, " kata Richard.

Tim gugus menyatakan akan membantu APD bagi kota Ambon jika stok tersedia, yang akan disiapkan di 22 puskesmas dan layanan kesehatan lainnya.

"Kita berharap bantuan APD dapat membantu tenaga medis kita dalam menangani pasien, kita berharap tidak ada kasus di kota Ambon tetapi ini upaya antisipasi, " tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020