Seluruh transportasi laut yang menyinggahi berbagai pelosok di wilayah Maluku harus tetap diizinkan untuk mengangkut aneka bahan kebutuhan pokok agar tidak terjadi kelangkaan dan membuat masyarakat menjadi sengsara.

"Dalam situasi seperti b‌egini, kita harus memperhatikan seluruh transportasi laut yang mengangkut bahan kebutuhan pokok masyarakat itu diizinkan masuk agar kebutuhan warga tetap terjamin," kata anggota DPRD Maluku, Alex Orno di Ambon, Kamis.

Menurut dia, harus diakui bahwa situasi pembatasan pergerakan atau perjalanan orang akibat pandemi COVID-19 sampai hari mengakibatkan aktivitas transportasi laut cukup terkendala.

"Untuk itu saya berharap agar masyarakat juga tidak usah terlalu panik dan yang pastinya kita harus mengikuti seluruh protokol yang berlaku dengan berbagai regulasi yang ada," ujar Orno yang juga ketua F-PDI Perjuangan DPRD Maluku ini.

Apalagi hari ini sudah ada regulasi terbaru juga berkaitan dengan para pelaku perjalanan harus menggunakan swab tes karena rapid test tidak dipergunakan lagi.

"Saya berharap semoga kapal-kapal yang mengangkut logistik ini boleh saja masuk ke daerah-daerah, namun seluruh Anaka Buah Kapal wajib menjalani swab tes," tandas Orno.

Tujuannya adalah memastikan para ABK ini juga dari sisi kesehatan mereka aman dan tidak berdampak bagi masyarakat di wilayah yang dikunjungi.

Sehingga swab tes bagi ABK itu wajib, karena berbicara masalah pelayanan dasar ini tidak bisa ditolerir mengingat ketika prosedur ini tidak dilakukan, apalagi dengan situasi sekarang ini maka masyarakat juga akan terkena dampaknya.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020