Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy memaparkan capaian pembangunan di empat tahun periode kepemimpinan bersama Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler.

"Empat tahun kepemimpinan berbagai prestasi dan capaian diraih. Semua ini atas keberhasilan kerja keras maupun bersama kita," kata Richard, di Ambon,  Senin.

Capaian pembangunan diwujudkan melalui tujuh program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot)  Ambon yakni Ambon cerdas - sehat - sejahtera - aman - bersih - terang dan berbudaya.

"Seluruh program prioritas semua jalan, tetapi karena kondisi situasi yang fluktuatif contohnya pertumbuhan ekonomi yang mengalami penurunan ke 1, 95 persen pada  2020, dari sebelumnya 5,78 persen di 2019," ujarnya. 

Richard mencontohkan, program Ambon sehat terdiri dari delapan indikator diantaranya usia harapan hidup, gizi buruk, prevelensi kekerdilan, angka kematian ibu melahirkan, bayi dan balita, jumlah penderita penyakit menular dan tidak menular, serta jumlah penerima kartu Ambon sehat.

Usia Harapan Hidup kota Ambon pada 2017 hingga 2021 mengalami peningkatan. Pada 2017 yakni 69 tahun 8 hari, 2018 naik 70 tahun 1 hari, 2019 jadi 70 tahun 15 hari dan 2020 yakni 70 tahun 25 hari.

Dikatakannya, indikator keberhasilan pembangunan ditunjang kepemimpinan dan partisipasi sosial masyarakat.

"Jika indikator angka kuantitatif memberikan dampak positif, tetapi sebagian orang melihat dari aspek negatif. Ini  karena yang dilihat bukan keberhasilannya tetapi kekurangannya," kata Richard.

Prestasi yang dicapai selama empat tahun kepemimpinan, berhasil meraih 106 penghargaan dari berbagai pihak.

"Saya menyampaikan kepada staf bahwa bekerja bukan untuk meraih penghargaan, tetapi jika kerja baik otomatis bonus akan datang dalam bentuk penghargaan, " ujar Richard. 

Dia berharap, akhir masa kepemimpinan semangat tidak kendor. Ada kecenderungan di akhir kepemimpinan semakin kendor.

"Semangat dan energi tetap harus sama sampai akhir masa kepemimpinan," tandas Richard. 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021