BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut), menyediakan aplikasi bergerak Jamsostek Mobile atau JMO yang merupakan aplikasi resmi layanan digital sebagai pembaharuan dari aplikasi sebelumnya BPJSTKU.

"Penyempurnaan dan pengembangan layanan yang lebih lengkap dan mudah ini dapat diakses melalui telepon genggam berbasis android/IOS," kata Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Ternate Ahmad Feisal Santoso di Ternate, Sabtu.

Dia menjelaskan setelah aplikasi JMO ini dirilis, aplikasi BPJSTKU sudah tidak bisa diakses lagi. Meski begitu, peserta BPJAMSOSTEK bisa langsung mengunduh dan menginstall aplikasi JMO atau melakukan pembaruan aplikasi melalui playstore atau Appstore dan login menggunakan username serta kata sandi yang sama pada aplikasi BPJSTKU.

Sedangkan bagi yang belum pernah mendaftar pada aplikasi sebelumnya, bisa langsung melakukan pendaftaran sebagai pengguna baru.

"Terdapat juga fitur bagi peserta yang lupa kata sandi/password, yaitu dengan memasukkan alamat email terdaftar untuk mendapatkan konfirmasi kata sandi baru," ujar Feisal.

Selain itu, jika peserta lupa email dan nomor telepon genggam, lanjut Feisal, peserta cukup melakukan permintaan reset akun dengan menghubungi Layanan Masyarakat 175, tanpa repot-repot datang ke Kantor BPJAMSOSTEK.

Aplikasi JMO menyediakan fitur layanan digital BPJAMSOSTEK di antaranya pengajuan pencairan JHT, cek saldo JHT, cek status pengajuan klaim, cek informasi kepesertaan, penggabungan saldo lebih dari satu kartu, update data diri serta menampilkan kartu kepesertaan digital.

"Tujuan utama inovasi Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) adalah kemudahan layanan BPJAMSOSTEK semaksimal mungkin kepada peserta," kata Feisal
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022