Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon menyatakan siap menyukseskan Pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 secara jujur dan adil.

"Segala hal yang menyangkut data pemilih pada warga binaan di Lapas Kelas IIA Ambon telah selesai dilakukan atas kerja sama dengan pihak KPU," kata Kepala Lapas Kelas IIA Ambon, Mukhtar di Ambon, Selasa.

Ia menjelaskan daftar pemilih tetap (DPT) warga binaan dari lapas tersebut telah disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mukhtar melanjutkan, dalam beberapa bulan terakhir pihaknya selalu membangun koordinasi dengan KPU, terkait daftar pemilih pada warga binaan di Lapas Kelas IIA Ambon, sebagai wujud kesiapan warga binaan untuk mengikuti pemilu serentak 2024.

Namun, kata dia daftar pemilih sementara (DPS) warga binaan tentunya selalu mengalami perubahan, lantaran waktu penahanan warga binaan yang telah selesai maupun masuknya penghuni baru pada lapas tersebut.

Baca juga: Lapas kelas IIA Ambon geledah blok hunian perketat keamanan

"Perubahan-perubahan ini selalu dikoordinasi dengan KPU untuk dilakukan penyempurnaan guna memastikan data yang akurat," katanya.

Akan tetapi ia mengaku ratusan warga binaan yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas Kelas IIA Ambon telah disampaikan oleh KPU.

Lebih lanjut untuk pemilihan umum serentak 2024 nanti kata Mukhtar, KPU telah menetapkan lapas kelas IIA Ambon tersedia satu TPS yang diperuntukkan bagi warga binaan yang mempunyai hak memilih.

Terkait dengan PPS, Mukhtar mengatakan nantinya petugas lapas yang akan melaksanakan tugas itu, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang yang dikeluarkan oleh KPU.

Pihaknya berharap nantinya ada sosialisasi kepada warga binaan terkait mekanisme atau tata cara pemilihan umum serentak oleh KPU, karena ada sedikit perbedaan pemilu sebelumnya dengan pemilu serentak yang akan berlangsung pada tahun 2024 nanti.

“Memang perlu adanya sosialisasi dari KPU kepada warga binaan, terkait tata cara pencoblosan dan lainnya, hal ini dimaksudkan agar warga binaan tidak keliru saat pencoblosan nanti,” tuturnya.


Baca juga: Lapas kelas IIA Ambon geledah blok hunian perketat keamanan

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023