Kedutaan besar (Kedubes) Polandia bekerja sama dengan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku membuka peluang pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi tersebut.

"Universitas Pattimura adalah satu-satunya universitas negeri di Maluku dan memiliki sembilan fakultas dan satu program PascaSarjana dan Program Studi diluar kampus utama," ucap Rektor Unpatti Prof. M. J. Saptenno di Ambon, Jumat.
 

Hal itu dikatakan Saptenno saat menerima kunjungan Kedutaan besar Polandia.

Menurut Rektor Saptenno dengan predikat sebagai kampus terbesar di Maluku, maka peluang pertukaran mahasiswa dengan Polandia pun terbuka lebar.

Sementara itu Wakil Duta Besar Polandia Piotr Firlus juga menjelaskan bahwa jumlah mahasiswa dari Indonesia dan negara Asia lainnya yang melanjutkan studi di Polandia sebanyak 3000-4000 orang per tahun.

"Jumlah mahasiswa Asia terbanyak di Polandia berasal dari Indonesia," kata Piotr.

Baca juga: Pemerintah Polandia-Ambon buka peluang kerja sama bidang pariwisata

Ia pun menyampaikan ketertarikannya untuk melakukan program pertukaran dosen dan mahasiswa terlebih khusus untuk fakultas Kedokteran, Teknik, serta Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

"Pemerintah Polandia menyediakan program beasiswa kepada seluruh negara Asia yang dapat menjamin biaya pendidikan dan biaya hidup mahasiswa selama di Polandia," ungkapnya.
 

Lebih lanjut ia mengatajan bahwa sebagai anggota Europe Union, biaya hidup dan pendidikan di Polandia jauh lebih terjangkau di banding negara-negara lainnya di Eropa.

"Negara polandia adalah negara yang tepat untuk membangun kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Unpatti, di Indonesia, kedutaan besar polandia telah membangun kerjasama dengan beberapa universitas dan banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di Polandia dan ada juga beberapa mahasiswa Polandia yang melanjutkan pendidikannya di Indonesia melalui beberapa program beasiswa," kata dia.
 

Oleh karenanya itu pihaknya sangat berkeinginan untuk membangun kerjasama dengan beberapa wilayah di kawasan Indonesia Timur dan yang terpenting adalah Provinsi Maluku, Kota Ambon, Universitas Pattimura.

Tak hanya itu usai kunjungannya bersama Rektor, Piotr Firlus juga mengunjungi perpustakaan Unpatti dan mendonasikan beberapa buku tentang Polandia dengan harapan akan ada banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang negara Polandia.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kedubes Polandia buka peluang pertukaran mahasiswa dengan Unpatti

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023