Warga Kota Ambon, Maluku menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan menghias jalanan dan kampung-kampung padat penduduk di daerah itu.

"Ini sebagai bentuk sukacita menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, perayaan yang kudus bagi umat Kristiani di Maluku," ucap salah satu warga setempat, Theo Sopahelwakan (23), di kawasan Galala Kota Ambon, Kamis.

Meskipun Hari Raya Natal 2023 masih tersisa tiga pekan lagi, suasana Natal di kota itu kian terasa.

Di kawasan Galala berdiri replika pohon natal setinggi 2,5 meter di sisi kiri jembatan menuju kawasan tersebut.

Replika pohon natal berukuran besar juga berdiri di Jalan  Diponegoro Kota Ambon yang dibangun warga setempat sejak Kamis pagi.

Di sekeliling pohon natal tersebut tersusun rapi replika pohon natal kecil yang terlihat indah dengan berkerlapan lampu yang berjajar di sepanjang trotoar jalan.

Tak sedikit dekorasi natal tersebut menarik minat warga untuk sekadar mengabadikan foto bersama di depannya, dari kalangan anak hingga orang dewasa. 

"Di sini memang sudah ramai ditambah lagi dengan hiasan itu membuat saya tidak sabar menunggu Hari Natal nanti,” kata seorang warga setempat lainnya, Maria (26).

Rumah-rumah umat Kristiani di Kota Ambon juga telah meriah dengan dekorasi Natal mulai dari lampu hias, pohon natal, hingga pernak-pernik Natal, seperti kaos kaki Sinterklas yang terpajang di pintu masuk setiap rumah.

Tak sedikit warga Kota Ambon memiliki kreativitas tinggi yang memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan hiasan Natal, salah satunya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen YPKPM Ambon yang memanfaatkan ribuan sampah botol plastik menjadi pohon natal dan tempat sampah, sebagai bukti penerapan pola hidup ramah lingkungan

"Pohon natal berbahan sampah botol plastik berhasil dikumpulkan para siswa SMA Kristen YPKPM Ambon sebagai bukti penerapan pola hidup ramah lingkungan," kata Fasilitator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Kristen YPKPM Ambon Herman Adrian Kippuw.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023