Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura memberikan bantuan sosial pada korban musibah kebakaran untuk meringankan beban para penyintas kebakaran di Kelurahan Benteng Kota Ambon.

"Atas musibah tersebut saya menyampaikan rasa prihatin kepada para penyintas kebakaran ini," ucap Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Ahad.

Pada kesempatan itu Pangdam Syafrial memberikan bantuan berupa paket sembako kepada keluarga yang rumahnya mengalami kebakaran.

Hal ini dilakukan, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang sedang mengalami musibah.

Dalam satu paket sembako tersebut terisi bahan pokok seperti beras, gula, tepung terigu, mie instan, dan minuman kemasan.

Baca juga: Kodam Pattimura lakukan aksi bersih pantai sambut Hari Juang TNI AD

"Musibah ini merupakan bagian dari takdir Tuhan yang tidak bisa di prediksi kapan datangnya. Kita harus ikhlas dan sabar untuk menerimanya, semoga Tuhan menggantikan yang lebih baik dari pada sebelumnya," ujarnya.

Oleh sebab itu Pangdam Syafrial mengingatkan kepada warga, agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap hal-hal yang bisa saja menyebabkan terjadinya kebakaran.

Kewaspadaan itu kata Pangdam bisa dilakukan dengan rutin mengontrol instalasi listrik dan harus dipastikan sesuai dengan prosedur serta penggunaan kompor gas yang juga harus selalu diperhatikan.

"Kabel listrik yang sudah tidak layak lebih baik diganti, penyambungan kabel listrik juga harus dipastikan aman", tuturnya.

Sementara itu sebelumnya telah terjadi kebakaran di kawasan Kawasan Bima Benteng Atas Jl. Gajah Bentas RT 002 RW 01 pada Jumat 15 Desember 2023. Kebakaran terjadi akibat arus pendek aliran listrik, yang mengakibatkan empat rumah warga hangus terbakar, dan saat ini sudah ditangani pihak kepolisian.

Baca juga: Kodam Pattimura salurkan bantuan sembako ke panti asuhan di Ambon

Tak hanya itu akibat kejadian itu kos-kosan dan kios milik warga pun ludes terbakar termasuk sejumlah kendaraan roda dua.

Kasi Humas Polresta Ambon, Ipda Janete S. Luhukay mengungkapkan, bangunan rumah yang terbakar masing-masing milik Emilia Ritho, Marthen Ritho Erwin Gondeng dan Julius Apolo Ritho. Dalam rumah Julius terdapat enam unit sepeda motor.

Selain bangunan rumah, kios berisikan bahan kebutuhan pokok milik Julius dan Emilia Ritho juga ludes dilalap si jago merah.

“Dari kejadian itu dua unit kios hangus, empat empat unit rumah hangus terbakar,” kata dia.

Kerugian materiil akibat peristiwa kebakaran ini ditaksir mencapai senilai Rp1 miliar.

Baca juga: Kowad Kodam Pattimura bagi makanan gratis untuk warga sambut HUT ke-62

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023