Kepala Kepolisian (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif saat melakukan serah terima jabatan (Sertijab) kepada empat pejabat utama (PJU) Polda Maluku meminta agar laksanakan dan jabarkan program Presisi dalam lingkungan kerja. 

"Untuk para pejabat yang baru masuk di jajaran Polda Maluku agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebab kita pahami bahwa saat ini Kapolri mempunyai program Presisi yang harus kita laksanakan dan kita jabarkan di lingkungan Polda Maluku," kata Irjen Pol Lotharia di Ambon, Rabu. 

Para PJU yang disertijab yakni, Karo SDM Kombes Pol Bony J. S Sirait, Direktur Reskrimsus Kombes Pol Harold Wilson Huwae, Kabid Propam AKBP Nugroho Agus Setiawan dan Kepala SPN Polda Maluku Kombes Pol Daniel Prio Dwi Atmoko. Kapolda Maluku juga melantik Kepala Pelayanan Markas Polda Maluku, AKBP. Arafah.

"Pada kesempatan yang baik ini saya selaku Kapolda Maluku menyampaikan terima kasih kepada karo SDM Dir krimsus, Kabid Propam, KSPN yang telah memberikan pengabdian selama bertugas di Polda Maluku," kata Kapolda, di Ambon, Rabu.

Baca juga: Kapolda jamin keamanan Natal di Maluku Utara

Kapolda meminta para PJU Polda Maluku yang baru agar dapat segera menyesuaikan diri dengan situasi dan lingkungan kerjanya.

Kapolda berharap kepada para pejabat yang lama tersebut dapat terus meraih kesuksesan di tempat tugas baru. "Semoga nantinya pada jabatan barunya bisa lebih sukses lagi karena sebenarnya mutasi jabatan ini merupakan hal yang biasa dalam organisasi Polri," katanya.

Mutasi jabatan di tubuh Polri, kata Kapolda, bertujuan untuk merawat dan menjaga kinerja organisasi. Juga sebagai sarana penyegaran dalam rangka pembinaan karir bagi setiap anggota Polri yang dinilai berhasil atau berprestasi oleh pimpinan dalam pelaksanaan tugasnya.

"Oleh karena itu, dengan adanya serah terima jabatan ini diharapkan adanya peningkatan kualitas kinerja kesatuan baik dalam bidang pembinaan maupun di bidang operasional," harapnya.

Baca juga: Polda Maluku libatkan 2.223 personel gabungan amankan Natal dan tahun baru
 

Irjen Latif menitipkan beberapa pesan kepada para pejabat yang lama, agar dapat lebih meningkatkan kinerjanya, dan lebih sukses lagi di tempat tugas baru.

Kapolda juga mengingatkan seluruh pejabat utama Polda Maluku yang baru dilantik terkait karakteristik wilayah serta kondisi sosial masyarakat Maluku.

“Karakteristik wilayah Maluku berbeda dengan Polda lain walaupun secara demografi jumlah penduduk Maluku hanya 1,8 juta jiwa, namun perlu dipahami Maluku memiliki potensi dari kerawanan dan gangguan kamtibmas yang sangat tinggi baik itu kejahatan konvensional maupun kejahatan yang bersifat kontinjensi atau yang bersifat konflik sosial," ungkapnya.

Dengan kondisi tersebut, Kapolda berharap semua fungsi di Polda Maluku memiliki peran yang sangat penting dan strategis. "Sebagaimana saya sering sampaikan bahwa di dalam organisasi Kepolisian modern saat ini kita tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional tapi menggunakan cara-cara manajemen yang baik," jelas Kapolda.

Empat PJU yang baru yakni, Karo SDM Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang, Direktur Reskrimsus,

AKBP Hijrah Soumena, Kepala SPN AKBP Romy Agusriansyah dan Kabid Propam AKBP Indera Gunawan.


Baca juga: Kapolda lantik 230 siswa Bintara Remaja Polri SPN Polda Maluku

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023