Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku menggelar seminar ekologi untuk mengembangkan kampus berbasis ramah lingkungan atau Eco Friendly Campus di Provinsi Maluku.

"Hal itu termasuk dalam salah satu arah kebijakan Universitas Pattimura dibawah kepemimpinan saya," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Rabu.

Menurut Freddy, seminar ekologi itu penting dilakukan utamanya kepada mahasiswa sebagai agen perubahan agar dapat menyebarkan pesan-pesan positif terkait lingkungan kepada masyarakat luas.

"Perlu diketahui bahwa penting bagi mahasiswa untuk menyadari Unpatti sebagai rumah bersama bukan hanya secara sosial, lebih dari itu secara ekologi Unpatti harus menjadi percontohan bagi kampus-kampus lain," katanya.

Prof Freddy juga mengatakan melalui seminar itu nantinya Unpatti akan menerapkan beragam kebijakan mengenai lingkungan seperti pengelolaan sampah di area kampus, pembatasan penggunaan kendaraan bermotor, hingga edukasi kepada seluruh mahasiswa di kampus biru itu.

Baca juga: Unpatti Ambon buka program Magister PPKN tingkatkan mutu pendidikan

"Artinya kita harus bersama-sama menjaga lingkungan apalagi sedang terjadi perubahan iklim agar dapat meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkan," katanya.

Ia menambahkan, dibutuhkan juga edukasi mitigasi terkait perubahan iklim kepada masyarakat luas dari para mahasiswa Unpatti.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini mahasiswa bisa sadar akan pentingnya lingkungan," kata Rektor Freddy.

Apalagi saat ini dampak perubahan iklim mulai terjadi di beberapa daerah pesisir di Maluku. Infrastruktur seperti jalan dan penahan ombak rusak terkena hantaman gelombang besar.

Perubahan iklim juga berdampak pada hasil tangkapan nelayan. Perubahan iklim sangat berdampak pesat pada penurunan hasil tangkapan ikan karena terjadi berpindahnya wilayah tangkapan ikan (fishing ground).

Kondisi ini, berdampak langsung pada usaha perikanan yang merupakan tiang penyangga ekonomi pesisir.

Pemerintah Provinsi Maluku sendiri telah mengintegrasikan isu perubahan iklim ke dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Maluku 2019-2024.

Baca juga: Unpatti Ambon pertahankan sertifikasi SNI ISO 21001 fakultas perikanan dan kelautan

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024