Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku menyatakan penjualan tiket kapal feri melalui daring akan membantu mengurai kemacetan di bulan Ramadhan hingga menjelang mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

“Dengan pemberlakuan tiket daring, kemungkinan bisa terjadi penurunan kemacetan selama Ramadhan hingga jelang Lebaran. Karena tidak ada lagi penumpukan di pelabuhan,” kata Kadis Perhubungan Maluku Muhammad Malawat, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan dalam bulan Ramadhan biasanya akan terjadi kemacetan padat di jalan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan Jalan Kapten Piere Tendean Galala Amnon.

Hal ini dikarenakan selama Ramadhan, banyak masyarakat yang melakukan perjalanan penyeberangan antarpulau sehingga terjadi penumpukan di pelabuhan.

Baca juga: Dishub Maluku siapkan 960 kendaraan AKDP pada mudik Lebaran 2023

“Kalau uraian kemacetan di lapangan biasa terjadi di pelabuhan besar dan pelabuhan penyeberangan di Galala. Biasanya kita berkoordinasi dengan Polsek setempat untuk sama-sama menangani. Dan saya harap dengan adanya tiket daring ini akan meminimalkan kemacetan di lapangan,” ujarnya.

Ia mengatakan, terkait tiket daring dari PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) itu sudah lama ditunggu-tunggu untuk diterapkan.

“Karena ini juga bagian dari meningkatkan pelayanan serta menjadi transparansi bagi masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mengakses langsung tiket tersebut dan bisa mengetahui jadwal hanya dari rumah,” katanya.

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ambon akan menerapkan pembelian tiket daring kapal feri ini mulai besok 23 Februari 2024 di Pelabuhan Galala - Namlea dan pada 28 Februari 2024 di Pelabuhan Hunimua - Waipirit.

Baca juga: Dishub kaji kebutuhan transportasi online di Ambon

Implementasi ini mempermudah pengguna jasa untuk mendapatkan/membeli tiket feri yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja (tidak perlu berebutan antri di pelabuhan).

Ini mengantisipasi Potensi terjadinya kepadatan di area pelabuhan penyeberangan pun dapat diminimalisir dengan baik karena populasi nya tersebar secara merata sesuai dengan kuota tiket yang dibuka.

Layanan tiket daring Ferizy merupakan salah satu produk dari terwujudnya salah satu misi ASDP, yaitu penerapan teknologi berbasis nilai.

Baca juga: Dishub Maluku: Penghargaan Bandara terbaik jadi hadiah Harhubnas 2023

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024