Petugas Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT) Maluku Utara (Malut) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan daging babi seratusan kilogram tanpa sertifikat yang dilakukan di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

"Daging yang dikemas dalam 8 boks tersebut tidak dilengkapi sertifikat sanitasi produk karantina hewan (KH-12) dari daerah asal dan tidak melaporkan dan menyerahkan kepada pejabat karantina di tempat pemasukan dan pengeluaran yang ditetapkan,” kata Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Maluku Utara, Willy Indra Yunan di Ternate, Kamis.

Pemeriksaan menyeluruh mengungkap keberadaan 8 boks daging babi yang tercampur dengan produk makanan lain. Totalnya, ditemukan 42,50 kg daging babi, 47,80 kg daging sapi, 2,50 kg daging babi olahan, 52,80 kg jerohan babi, 44,50 kg daging domba, dan 11,50 kg daging sapi olahan.

Tindakan ini terungkap ketika petugas karantina melakukan pengawasan terhadap KM. Geovani yang berasal dari Manado.

Menurut dia, dalam inspeksi yang dilakukan, tim karantina mencurigai 8 boks yang dibawa turun dari kapal tersebut.

Baca juga: Karantina Malut musnahkan 75 kg ikan lele busuk tidak berdokumen cegah hama penyakit ikan

Sedangkan, Iwan, Ketua Tim Kerja Penegakan Hukum, mengungkapkan, setelah diperiksa, menemukan daging babi ini disembunyikan di balik bahan makanan yang lain dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut tidak terdapat dokumen karantina dari daerah asal.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan bahwa tindakan tersebut telah melanggar Pasal 35 Ayat 1 huruf a dan c Undang-Undang Nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan

Dia mengapresiasi kinerja Pejabat Karantina Maluku Utara yang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tersebut.

Willy mengkhawatirkan bahwa daging babi tersebut dapat membawa hama penyakit hewan karantina (HPHK) African Swine Fever/ASF dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) karena tidak disertai sertifikat kesehatan dari daerah asal.

“Saat ini, hama penyakit ASF dan PMK merupakan salah satu hama yang dapat menyerang babi dan merugikan. Tindakan ini kami lakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah tersebarnya hama tersebut,”

Tindakan preventif ini tidak hanya melibatkan pencegahan penyelundupan semata, tetapi juga bertujuan melindungi kesehatan hewan dan masyarakat dari potensi ancaman hama penyakit. Karantina Maluku Utara tetap tegas dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga keamanan dan keberlanjutan di wilayah Malut.

Baca juga: Balai Karantina Malut periksa 8 ton biji pala tujuan Surabaya

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024