PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Ternate, Maluku Utara, telah memberangkatkan sebanyak 300 pemudik gratis pada arus balik lebaran dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, menggunakan kapal KM Dorolonda pada Senin (15/04) kemarin.

"Sebanyak 300 pemudik gratis sesuai kuota dari Ternate tujuan Bitung, Sulawesi Utara pada arus balik H+ Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah,"kata Kepala Operasional PT Pelni Cabang Ternate, Rudi Arif saat dikonfirmasi ANTARA di Ternate, Selasa.

Kapal KM Dorolonda yang berangkat dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dengan tujuan Bitung, total penumpang sebanyak 803 orang, 300 orang di antaranya adalah peserta pemudik yang masuk dalam kuota program Mudik Gratis 2024 yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan yang bekerja sama dengan pihak PT Pelni pada Arus Mudik Lebaran 2024.

Dia mengatakan, selain diberangkatkan 300 peserta pemudik dari Ternate tujuan Bitung, ada juga peserta pemudik gratis dari kuota Ambon tujuan Ternate yang kuotanya sebanyak 300 orang yang tiba di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

"Total penumpang yang tiba kemarin di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate adalah 2.542 penumpang, 300 orang di antaranya peserta pemudik gratis dari Ambon ke Ternate,"ujarnya.

Sementara sisanya adalah warga usai merayakan lebaran dari kampung halamannya dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Bau - Bau dan Namlea yang tiba bersamaan dengan pemudik gratis dari Ambon menggunakan pelayaran KM Dorolonda.

Dia menjelaskan, tahun 2024 ini peserta mudik gratis yang diberikan pusat ke Maluku Utara sebanyak 700 kuota, 400 diantaranya telah diberangkatkan pada arus mudik akhir bulan Maret lalu.

"Sebanyak 400 peserta pemudik gratis, terbagi 300 peserta untuk rute Ternate ke Ambon, sementara untuk 100 kuota disediakan Ternate ke Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula," kata Rudi.

Selama arus mudik hingga arus balik pada lebaran 2024 ini, pelayaran dari dan ke Pelabuhan Ahmad Yani Ternate masih berjalan aman dan lancar.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024