Landasan udara (Lanud) Pattimura melakukan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kapaha Ambon untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AU. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan segenap keluarga besar Lanud Pattimura untuk para pahlawan yang telah mendahului kita,” kata Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Ziarah dan tabur bunga diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga di Tugu TMP Kapaha Ambon. 

“Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga ke pusara para pahlawan diikuti oleh para Kadis, ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cab 7/D.III Lanud Pattimura, perwakilan peserta ziarah perwira, bintara, tamtama, dan PNS serta undangan lainnya,” kata Danlanud.

Baca juga: Lanud Pattimura gelar pasar murah menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah

Upacara tabur bunga oleh keluarga besar Lanud Pattimura (Antara/HO-Lanud Pattimura)


Ia mengatakan ziarah rombongan dilaksanakan sebagai rangkaian perayaan HUT ke-78 TNI AU dengan tema "TNI AU yang Disegani di Kawasan Siaga Senantiasa Mengamankan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional untuk Indonesia Maju".

“Lebih dari pada itu kegiatan ini untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan khususnya TNI yang telah gugur karena tugas negara, sekaligus mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur bagi kepentingan bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

Hadir dalam acara ziarah rombongan adalah Kaotmil IV/19 Ambon Kolonel Kum R Kurniadi, Ketua PIA Ardhya Garini Cab 7/D.III Lanud Pattimura Lidya Jhonson Simatupang, para kadis, perwira, bintara, dan tamtama, serta PNS Lanud Pattimura.

Baca juga: Sambut HUT 78 TNI AU, Lanud Pattimura santuni anak yatim

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024