Kabar gembira datang lagi dari Universitas Terbuka (UT) Ambon. Kali ini UT resmi membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk Program Studi S1 Pendidikan Guru SD (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) pre-service (pra-jabatan).

Artinya, mulai semester 2024/2025  Ganjil ini mereka yang ingin mendaftar di kedua Prodi tersebut tidak perlu lagi melampirkan Surat Keterangan (SK) Mengajar. 

Menurut Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori di Ambon, Minggu sebelumnya UT sudah membuka Prodi S1 PGSD in service (dalam jabatan) sejak  2002, dan Prodi S1 PGPAUD in service  sejak  2006. Untuk kedua Prodi tersebut calon mahasiswa wajib menyertakan SK Mengajar minimal 1 tahun. 

“Pada  2024, dengan mempertimbangkan perluasan jangkauan layanan pendidikan, memenuhi animo masyarakat serta mengantisipasi ketersediaan calon guru untuk jenjang sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini di Provinsi Maluku, maka kami membuka dua prodi tersebut. Calon mahasiswa baru tidak perlu menyertakan SK Mengajar,” urai Yuli.
 
Ditambahkannya, Peserta program S1 PGSD Prajabatan (Pre-Service) adalah mereka yang memiliki ijazah SLTA sederajat ataupun Paket C. Bagi mereka yang memiliki ijazah Diploma termasuk mereka yang belum lulus Diploma/Sarjana, dapat menjadi peserta program S1 PGSD dan PGPAUD Prajabatan melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan transfer sistem kredit semester (sks).

Yuli menambahkan, selain kedua Prodi tersebut,  terdapat juga prodi lain seperti Pendidikan Agama Islam yang tidak mensyaratkan SK Mengajar. 

Saat ini UT Ambon membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2024/2025 Ganjil hingga tanggal 7 Agustus 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA Sederajat termasuk berijazah Paket C). 

Sementara jalur RPL pendaftaran hingga 10 Juli 2024. Terdapat puluhan Program Studi di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 

Info pendaftaran bagi calon mahasiswa bisa dilihat di laman ambon.ut.ac.id ataupun melalui nomor layanan 081240791988. Pendaftaran secara online bisa melalui laman admisi-sia.ut.ac.id, juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan. Baguala Kota Ambon, ataupun melalui Pengurus Kelompok Belajar dan Sentra Layanan UT yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku. (*)
   

 



 
 

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024