Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provins Maluku telah resmi mengoperasikan dua kapal untuk melayani pelayaran antarpulau rute Galala Ambon - Namlea Buru.

“Hari ini sudah mulai beroperasi dengan dua kapal, yaitu KMP  Temi dan KMP  Tatihu yang sudah selesai perbaikan,” kata Kepala BPTD Maluku Hasan Bisri, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, setelah pengoperasian dua kapal jadwal keberangkatan tidak berubah, namun dipastikan tidak ada lagi penumpukan calon penumpang dan kendaraan yang hendak melakukan penyeberangan.

“Masing-masing kapal beroperasi di masing-masing pelabuhan. Yang dari Galala berangkat jam 20.00 WIT dan akan tiba di Namlea pada pukul 06.00 WIT, begitupun dari Namlea dengan jam yang sama,” ujarnya.

Ia mengaku, pengoperasian kapal ini juga bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar pulau serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Kapal-kapal yang dioperasikan akan menawarkan layanan yang lebih efisien dan nyaman bagi penumpang serta barang.

“Jadi penumpang tidak perlu menunggu lama karena harus menunggu satu kapal tiba. Sekarang satu berangkat, satunya tiba,” terang Bisri.

Ia berharap, dengan pengoperasian kapal ini, diharapkan waktu perjalanan antara Galala dan Namlea dapat dipersingkat dan frekuensi perjalanan menjadi lebih sering.

“Ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur transportasi di wilayah Maluku, serta menjawab kebutuhan masyarakat dan pelaku usaha di kedua daerah tersebut,” ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024