Perpustakaan Hatukau Batu Merah, Ambon, Maluku melakukan edukasi literasi keuangan kepada sebanyak 40 anak-anak dari Pemustaka dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dharma Ali Fauzi.

“Edukasi ini diberikan melalui membaca nyaring, supaya anak-anak mudah mengerti dan diserap di kepala. Jadi belajarnya dengan bergembira,” kata Kepala Perpustakaan Arita Muhlisa di Ambon, Senin.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati “Internasional Literacy Day” pada 8 September. Edukasi ini juga bertujuan untuk mengenalkan konsep dasar pengelolaan uang sejak dini, dengan harapan dapat membentuk kebiasaan keuangan yang sehat pada generasi mendatang.

“Harapannya dalam penyelenggaraan Internasional Literacy Day kali ini di Perpustakaan Hatukau, anak-anak menjadi terbiasa dengan membaca buku hingga akhirnya mereka bisa tumbuh menjadi generasi yang literat,” ujarnya.

Selain edukasi keuangan, Arita menambahkan, Perpustakaan Hatukau juga mengajarkan anak-anak terkait bagaimana peduli terhadap lingkungan, yang diajarkan langsung oleh Komunitas Bhupala Maluku.

“Anak-anak diajarkan untuk cerdas memilah sampah sejak dini, hingga bagaimana caranya mempunyai tabungan melalui sampah,” katanya menjelaskan.

Menurutnya, penting bagi anak-anak untuk mengetahui bahwa literasi bukan hanya soal baca tulis, namun juga soal menabung, lingkungan, kesehatan, teknologi dan lain-lain.

“Literasi menjadi dasar untuk kita tau banyak hal. Kita ingin menanamkan moral anak-anak sejak dini bahwa peduli terhadap lingkungan dengan mulai belajar memilah sampah di rumah serta di sekolah,” ucapnya.

Baca juga: Perpustakaan Hatukau Batu Merah Ambon perjuangkan status akreditasi

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024