Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku Hendro Tri Prasetyo mengemukakan bahwa peringatan hari kesaktian Pancasila menjadi momentum mengamalkan nilai-nilai Pancasila menuju Indonesia maju.

"Pancasila merupakan satu-satunya ideologi negara yang telah terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk," kata Hendro Tri Prasetyo di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan melalui momentum hari kesaktian Pancasila masyarakat kembali diingatkan akan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Pancasila.

"Oleh sebab itu untuk mewujudkan cita-cita Indonesia maju kata dia harus diimplementasikan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tegas Hendro.

Lebih lanjut, Kakanwil menambahkan nilai-nilai Pancasila harus menjadi pedoman dalam setiap langkah pembangunan bangsa.

"Dengan berpedoman pada Pancasila, kita yakin Indonesia akan mampu mewujudkan cita-cita sebagai negara maju," ujarnya.

Sementara itu peringatan hari kesaktian Pancasila tahun ini mengangkat tema 'Bersama Pancasila kita Wujudkan Indonesia emas' yang dengan tema tersebut diartikan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu padu dalam membangun negara yang adil, makmur, dan sejahtera.

Presiden Joko Widodo melalui postingan instagram @jokowi mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober bahwa nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tetapi amanah yang harus terus dijaga.

"Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tapi amanah yang harus terus dijaga," demikian tertulis dalam keterangan ilustrasi tersebut.

Presiden pun mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk merenungkan sejauh mana telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Di tengah tantangan zaman, mari kita renungkan sejauh mana kita telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tulis Presiden Jokowi.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024