Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menyampaikan logistik surat suara  untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk Maluku  tiba di Ambon pada Jumat 18 Oktober 2024.

“Surat suara tersebut didatangkan dari Jakarta dengan menggunakan pesawat hercules tujuan Bandara Pattimura Ambon dan tiba  pukul 11.00 WIT," kata Ketua KPU Provinsi Maluku M. Shaddek Fuad di Ambon, Jumat.

Shaddek menyampaikan logistik Pilkada tersebut nantinya akan didistribusikan ke 11 kabupaten/kota di Maluku. 

"Kalau sudah sampai di Ambon, proses distribusi nanti tergantung jadwal dari masing-masing KPU kabupaten/kota," jelasnya

Ia mengatakan  proses pembongkaran logistik hingga distribusi ke daerah-daerah akan dikawal ketat oleh pihak kepolisian serta pengawasan dari pihak Bawaslu.

 “Langsung dilakukan proses pembongkaran. Dan yang pasti itu akan dijaga ketat pihak kepolisian dan Bawaslu," ujarnya.

Ketua KPU Maluku menyampaikan kedatangan surat suara ini merupakan langkah penting dalam persiapan pemilihan yang dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

“Kami berkomitmen untuk memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan lancar dan transparan," ujarnya.

KPU juga mengingatkan masyarakat untuk tetap mengikuti informasi terkait pemilihan melalui saluran resmi.

Selain itu, terkait dengan kondisi logistik tahap pertama, ia mengaku hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan resmi dari jajaran KPU kabupaten/kota perihal adanya kerusakan logistik untuk Pilkada 2024.

Ia menyebutkan, logistik Pilkada tahap satu yang telah didistribusikan ke KPU 11 kabupaten/kota di Maluku yakni kotak suara, kabel ties, segel, bilik, sampul dan tinta. Kendati begitu, KPU akan terus memantau perkembangan proses distribusi hingga perakitan kotak suara Pilkada 2024. 

Dan jika kemudian ditemukan adanya kerusakan logistik, masing-masing daerah wajib untuk membuat berita acara yang kemudian akan diajukan pengembalian ke KPU pusat.

“Dari situ baru dikoordinasikan ke pihak penyedia jasa untuk proses penggantian logistik yang rusak," ucapnya. 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024