Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku meningkatkan intensitas patroli melalui Bawaslu kabupaten dan kota untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada 2024 yang dipasang tidak sesuai aturan.

 "Penertiban ini merupakan langkah strategis dalam menjaga kualitas pelaksanaan Pilkada, serta menjaga ketertiban, estetika lingkungan.” kata Ketua Bawaslu Maluku Subair, di Ambon, Rabu.

PIhaknya  ingin memastikan bahwa s kampanye berlangsung dalam koridor yang sesuai dengan peraturan. Pemasangan APK yang melanggar aturan tidak hanya merusak pemandangan, tetapi juga bisa mengganggu ketertiban umum.

Ia menyebit  sejauh ini baru ada laporan masuk dari Bawaslu Kota Ambon yang telah menertibkan 174  APK.

Dikatakannya, patroli yang dilakukan oleh Bawaslu  bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang melakukan pemantauan di titik-titik strategis, seperti area publik, jalan raya, dan tempat-tempat lain yang rentan menjadi lokasi pemasangan APK tanpa izin. 

"Kami akan mengambil tindakan tegas terhadap APK yang melanggar aturan, termasuk menurunkan atau merobohkan pemasangan yang tidak berizin," terangnya. 

Dalam proses patroli, Bawaslu juga aktif memberikan edukasi kepada masyarakat dan  peserta Pilkada mengenai pentingnya mengikuti prosedur pemasangan APK. 

Setiap calon kepala daerah  wajib mematuhi batasan dan lokasi yang telah ditentukan, untuk menghindari penertiban.

"Kami berharap para calon dapat memahami bahwa keberadaan APK harus menghormati ruang publik dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat," katanya.

Sebagai bagian dari upaya ini, Bawaslu Maluku juga mengundang partisipasi masyarakat untuk melaporkan pemasangan APK yang dianggap melanggar. 

Masyarakat diimbau untuk aktif terlibat dalam menjaga lingkungan dengan melaporkan pelanggaran yang ditemukan melalui saluran resmi Bawaslu.

Dengan kegiatan penertiban ini, Bawaslu berharap dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pelaksanaan Pilkada yang bersih, transparan dan akuntabel. 

Bawaslu Maluku berkomitmen  terus berupaya dalam memastikan bahwa pemilu berlangsung dengan baik, demi terwujudnya demokrasi yang sehat di daerah ini.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024