Ambon, 18/11 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon dan Vlissingen Belanda akan memperpanjang kerja sama kota kembar atau "sister city" atau Kota Kembar yang telah berlangsung sejak 2006.

"Kunjungan Wakil Wali Kota Vlissingen Albert Vader ke Ambon dalam rangka memperpanjang kerja sama kota kembar yang telah terjalin sejak 2006, penandatanganan MOU direncanakan berlangsung 20 November," kata Sekretaris Kota Ambon, Maluku, Anthony Gustaf Latuheru, Selasa.

Ia mengatakan penandatanganan kerja sama dalam rangka memperbaharui dan melanjutkan program kerja akan dilakukan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Wali Kota Vlissingen.

Hubungan kerja sama yang terjalin sejak 2006 difokuskan untuk penanganan sampah,kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan

"Penandatanganan kerja sama kota kembar ini dapat memberikan nilai tambah untuk pengembangan kota Ambon di masa mendatang," katanya.

Menurut Anthony, kunjungan Wakil Wali kOta Vlissingen ke Ambon diharapkan semakin mempererat hubungan kerjasama kota kembar bukan hanya dibidang kesehatan dan pendidikan, tetapi bidang lainnya.

"Potensi kerja sama kami diharapkan dapat meningkat di bidang perikanan maupun pariwisata, untuk itu dalam penandatanganan tersebut diharapkan dua bidang itu juga jadi perhatian dan bisa menjadi bagian yang dibicarakan untuk dibangun hubungan kerja sama tahun mendatang," ujarnya.

Ia menyatakan, kerja sama yang terus ditingkatkan Ambon dan Vlissingen Belanda diharapkan dapat memberikan manfaat untuk membangun, menata dan membenahi Ambon.

"Saya optimis kerja sama ini dipastikan dapat memajukan dunia pendidikan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat untuk lebih baik," ujarnya.

Diakuinya, banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Vlissingen kepada Ambon diantaranya bidang kesehatan yakni pembangunan klinik mata Vlissingen Ambon (VA) di desa Passo, pelaksanaan operasi katarak, operasi urologi dan operasi bibir sumbing.

Bidang kebersihan dan pengelolaan sampah, serta bidang pariwisata yakni pengembangan dan promosi wisata di Belanda melalui kegiatan pasar malam.

Anthony berharap, pelaksanakan pembaruan kerja sama tersebut masyarakat yang tidak mampu terus dapat menikmati layanan kesahatan gratis dari tim dokter Belanda.

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat peningkatan kesejahteraan masyarakat, maupun peningkatan kualitas tenaga kesehatan dan pendidik di Ambon, " tandasnya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015