Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) intensif untuk menyusun Daftar Jabatan Kritikal Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Malut bersama Tim Kementerian PAN-RB.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsudin Abdul Kadir dihubungi, Sabtu, menyatakan, kebutuhan akan tenaga kerja berkeahlian di era industri 4.0 saat ini tidak dapat dihindari oleh organisasi manapun terutama organisasi pemerintahan yang melekat tugas dan fungsi organisasi.

Oleh karena itu, Pemprov Malut melakukan Forum Group Discusion (FGD) untuk melakukan pemetaan jabatan kritikal ASN nasional di Malut yaitu jabatan pimpinan tinggi,  jabatan administrasi dan jabatan fungsional yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Tanimbar Rekrut Laskar Tanimbar Maju, program strategis

Selain itu, kata Sekprov Malut, penyusunan jabatan ini penting selain karena selama ini terdapat keterbatasan informasi SDM, identifikasi keahlian tersebar d instansi yang berbeda dan perencanaan SDM ASN yang kurang sesuai dengan tantangan global juga karena dokumen ini diperlukan sebagai salah satu infrastruktur pendukung manajemen talenta ASN.

"Kita berharap dapat melalui FGD ini akan tersusun pemetaan jabatan kritikal ASN di Malut". kata Sekprov.

Secara terpisah, Ketua Tim Peneliti Penyusunan Daftar jabatan Kritikal ASN Nasional menjelaskan salah satu tujuan FGD ini untuk melakukan pemetaan jabatan kritikal di Indonesia dimana dari 7 provinsi yang direkomendasikan oleh Kemenpan-RB termasuk Provinsi Malut. 

Baca juga: Pemkot Ternate rampingkan OPD, jabatan eselon IV dihapus

Sebab, pelibatan pimpinan OPD dimaksudkan agar dapat melihat secara obyektif jabatan nama yang dibutuhkan namun belum tersusun sehingga kedepan dapat sesuai dengan kebutuhan daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala BKD provinsi Maluku Utara, Idrus Assagaf, Kepala BPSDM Miftah Baay, Karo Adpim Rahwan K Suamba, Kadis DLH Fahrudin Tukuboya, Kepala Balitbangda Mulyadi Wowor, Kadis Pangan Deni Chan dan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Mulyadi Tutupoho serta sejumlah perwakilan OPD lingkup Provinsi Malut.

Baca juga: Enam calon Sekkot Ambon jalani pemeriksaan kesehatan

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021