Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas ll Ternate, Maluku Utara (Malut) akan fokus meningkatkan pengawasan pelayaran berbagai kapal konvensional, guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

"Bentuk pengawasan berbagai kapal konvensional akan melayari antar-pulau di Malut harus terus membenah dalam rangka meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Alexander saat melakukan kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang berlangsung di depan Kantor KSOP Kelas II Ternate, Senin.

Kepala KSOP Kelas ll Ternate yang baru Capt. Alexander Seleng Allokendek menggantikan Agustinus kepala KSOP Ternate yang lama dan Agustinus bakal menjabat sebagai Kepala KSOP Kelas ll Jayapura, Papua.

Capt Alexander Seleng Allokendek usai acara sertijab mengatakan, pihaknya akan melakukan pembenahan pada KSOP Kelas ll Ternate kedepanya dengan meningkatkan pelayanan keselamatan dan pelayaran pada penumpang.

Baca juga: KSOP Ternate sosialisasi keselamatan pelayaran bagi siswa

Mantan Kabid Operasi Disnav Kelas l Samarinda itu menegaskan, bakal menindak kapal-kapal konvensional yang kedapatan memuat melebihi kapasitas dan kedapatan melakukan pelanggaran lain.

"Kami akan terus lakukan pengawasan jika tidak diindahkan kami akan lakukan penindakan, supaya ke depan tidak ada lagi kecelakaan kapal itu harapan saya," ujarnya.

Kendati demikian, dirinya mengaku, bakal melakukan pengecekan terhadap kapal-kapal semua pelabuhan yang ada di Kota Ternate termasuk pelabuhan Bastiong masih terlihat sangat semrawut.

"Kami akan melihat seperti apa nanti kapal-kapal disini. Itinya kita melihat kondisi saat ini seperti apa yang terjadi di atas kapal, jadi kami pastikan keselamatan kapal bisa terjamin ke depan, " kata Alexander yang juga mengaku sebagai mantan Nahkoda Kapal itu.

Baca juga: Kantor KSOP Ternate selamatkan penumpang KM Makaeling 02 kapal rute Halmahera Selatan-Ternate

Selain itu dia mengingatkan ke semua pemilik kapal agar wajib menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang keselamatan kapal seperti life jacket dan fasilitas lainnya.

"Mau tidak mau kami akan meningkatkan pelayanan pada semua kapal yang ada disini khususnya yang mengangkut penumpang wajib memenuhi persyaratan kapal dan keamanan," ujarnya.

Baca juga: KSOP Ternate kembali tunda aktivitas pelayaran di Malut akibat cuaca buruk
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022