Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta mendukung Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Watimena agar seluruh pimpinan dan anggota DPRD termasuk pegawai di Pemerintah Kota Ambon menjalani tes urine sebagai langkah pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba.

 

"Narkotika itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Tentu kami di DPRD Ambon siap dan mendukung jika tes urin dilakukan di lembaga ini," kata Ely Toisuta di Ambon, Selasa.

 

Menurut dia, memasuki tahun-tahun pemilihan umum (pemilu), tes urin sangat penting karena dikhawatirkan, ada penjabat atau aparatur sipil negara (ASN) di daerah ini dengan sengaja mengkonsumsi narkotika untuk tujuan tertentu.
 

"Saya berharap kegiatan ini juga bisa dilakukan di lingkup Pemkot dan DPRD Ambon, termasuk seluruh pegawai sekretariat yang ada DPRD untuk memastikan bahwa kita bebas dari narkotika," ujarnya.

 

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan tes urin bagi anggota DPRD dan pegawai pemerintahan bukanlah hal sulit.

 

"Ya ini kan gampang saja. Saya juga pernah melakukan tes urin di DPRD Provinsi Maluku. Tetapi memang harus dibahas dulu," paparnya

 

Bodewin mengatakan kegiatan tes ini juga membutuhkan cukup anggaran. Oleh karena.itu, perlu ada pembahasan bersama Pemkot dan DPRD Ambon.

 

"Sebab kalau tes urin misalnya dilakukan serentak di DPRD dan Pemkot Ambon, ya tentu itu butuh anggaran juga," ucapnya.

 

Tetapi, ia melanjutkan, pemeriksaan urin perlu dilakukan secara berkelanjutan karena untuk memberantas narkotika di satu daerah, maka harus menyeluruh termasuk di dalamnya adalah anggota DPRD, ASN dan lainnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023