Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon meminta PT  Dream Sukses Airindo (DSA) Ambon menambahkan 4.000 kubik ketersediaan air melalui sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

 

"Setelah kita koordinasi ke pihak DSA, ternyata mereka juga terkendala soal ketersediaan air. Mereka harus tambah  4.000 kubik air agar kebutuhan seluruh pelanggan bisa terlayani,"Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Christianto Laturiuw, Ambon, Senin. 

 

Hal ini disampaikan pasca adanya keluhan warga terkait lambatnya DSA dalam memasang jaringan pipa air ke pelanggan baru.

 

Padahal, pelanggan telah membayar biaya administrasi untuk pemasangan jaringan pipa air baru tersebut. 

 

Menurutnya, jumlah pelanggan DSA mengalami peningkatan. Namun, jumlah ini tidak sebanding dengan ketersediaan air yang ada. Oleh karena itu, komisi II berharap agar pihak PT  DSA jangan lagi memberikan jaminan soal pemasangan jaringan pipa untuk pelanggan baru. 

 

Pihak DSA juga jangan menerima segala bentuk biaya administrasi dan lain sebagainya dari warga yang meminta untuk dipasang pipa jaringan air baru. 

 

"Jadi kesalahannya juga tidak serta-merta dilimpahkan kepada DSA sendiri, tetapi bagaimana Pemerintah Kota juga melihatnya. Apalagi ini menyangkut dengan standar pelayanan minimal di Kota Ambon," ujarnya. 

 

Politisi Gerindra itu juga meminta agar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Ambon, dalam penyiapan anggaran harusnya dipikirkan untuk masalah air. 

 

"Infrastruktur secara umum, tetapi hal-hal yang menyangkut kebutuhan dasar juga harus mendapat perhatian khusus," pintanya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023