Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura Mayjen TNI Syafrial mengemukakan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membangkitkan budaya gotong royong pada masyarakat.

"Berakhirnya TMMD ini sekaligus saya mengajak semua pihak untuk terus memelihara semangat kebersamaan dan gotong royong, bukan hanya saat pelaksanaan TMMD saja, namun ke depannya juga," katanya saat menutup TMMD ke-119 di Ambon, Rabu.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut Pangdam memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah, lembaga non-pemerintah dan masyarakat yang telah turut menyukseskan akselerasi pembangunan di daerah melalui program TMMD ke-119 ini.

Kegiatan yang bertajuk 'Darma Bakti TMMD Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah' ini, bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik dan non-fisik.

"Selama kurang lebih satu bulan, sejak tanggal 20 Februari hingga 20 Maret 2024, para prajurit TNI-Polri, komponen bangsa lainnya, Pemda dan masyarakat telah bergotong-royong untuk menyelesaikan berbagai proyek pembangunan TMMD," ujar Pangdam.

Apalagi pelaksanaan TMMD ke-119 ini dilaksanakan pada dua wilayah, yaitu Kodim 1504/Ambon dan Kodim 1505/Tidore. Di Ambon sendiri TMMD berfokus di dusun Bandari dan Air ali, Kecamatan Teluk Ambon.

Berbagai proyek fisik seperti pembangunan jalan setapak, pembuatan talud, pembangunan drainase, hingga rehabilitasi balai warga berhasil diselesaikan.

Sementara itu, penyuluhan dan sosialisasi mengenai beragam materi pengetahuan juga turut dilaksanakan, mencakup wawasan kebangsaan, bela negara, pertanian, lingkungan hidup, hingga kesehatan.

Pangdam berharap, hasil program TMMD dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam jangka waktu yang panjang.

Penutupan TMMD itu dimeriahkan dengan pertunjukan tarian khas Tari Tifa Lenso dan Tari Lalayon, yang dibawakan oleh muda-mudi desa setempat, kemudian disusul kegiatan bakti sosial seperti, pengobatan massal, perpanjangan SIM gratis, pemberian tali asih kepada masyarakat dan pameran UMKM produk khas Maluku.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotaria Latif, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Kajati Prov. Maluku, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Kemudian Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaiful Mukti Ginanjar, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, Para Asisten, Kabalak, dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura. Hadir pula Sekda Prov. Maluku Sadali Ie, PJ Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan Ketua Pengadilan Tinggi Ambon H. Ade Komarudin.*

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024