Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Maluku mencatat sebanyak 4.785 kendaraan roda dua masuk ke Kota Ambon pada  H+5 arus balik 2024. 

“Ini rekapitulasi hasil pemantauan dan perhitungan lalu lintas atau traffic counting (TC) yang dilakukan selama delapan jam di ruas Jalan Lampu Lima (Bawah JMP) arah dari luar kota yang masuk ke Kota Ambon,” kata Kepala BPTD Maluku Hasan Bisri, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, survei dilaksanakan di Pos Pengawasan dan Pemantauan Lalu Lintas Lampu Lima dengan tujuan  melihat fluktuasi arus lalu lintas pada ruas jalan periode 15 April 2024. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan grafik, diketahui bahwa komposisi arus lalu lintas sepanjang waktu pemantauan TC dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIT, didominasi kendaraan sepeda motor. 

Dengan rincian, sepeda motor sebanyak 4.785, mobil pribadi berjumlah 1.249, mobil angkutan kota sebanyak 908, mobil pikap 133 kendaraan dan truk 71 kendaraan. 

“Didominasi kendaraan roda dua, karena mungkin banyak pengendara yang merasa lebih mudah dan cepat ketika menggunakan sepeda motor,” ucapnya.

Ia menyatakan, sejauh ini berdasarkan hasil pemantauan langsung di lapangan, diketahui  pelayanan dan penyelenggaraan angkutan penyeberangan terpantau tertib dan lancar. 

“Sejauh ini masih aman dan lancar, berjalan tertib. Kami berharap kondisi seperti ini terus terjaga sehingga memberikan kesan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harap Hasan.

 

 

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024