Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewujudkan sistem birokrasi kelas dunia dengan mengadakan pelatihan kepemimpinan administrator tahun 2024.

"Pelatihan ini untuk mengembangkan kompetensi peserta sehingga nantinya membawa suatu perubahan, dengan menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dalam urusan penyelenggaraan pemerintahan," kata Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin, dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Pelatihan kepemimpinan administrator angkatan 10 bagi ASN lingkup pemerintah kabupaten itu diikuti oleh perwakilan dari Kabupaten Maluku Tengah, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur, Kota Ternate, dan Bawaslu Provinsi Maluku.

“Dalam rangka terwujudnya birokrasi kelas dunia, saat ini pemerintah memerlukan sosok ASN yang memiliki tanggung jawab, memimpin, melaksanakan seluruh kegiatan pelayanan, serta administrasi pemerintahan,” ujarnya.

Syuryadi menambahkan, pelatihan kepemimpinan administrator ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ASN dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan administrator.

“Sebagai seorang pemimpin hendaknya memiliki hati nurani serta berbudaya kerja yang tinggi dan bertanggung jawab atas pelaksanaan keseluruhan kegiatan pelatihan serta administrasi pemerintahan dan pembangunan, sebagai upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, dengan mengedepankan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik,” kata dia.

Plh Sekda berharap seluruh peserta dapat mengikuti semua proses pelatihan dengan baik dan profesional sehingga nantinya bisa menjadi pemimpin yang membawa suatu perubahan.

Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri atas Kabupaten Maluku Tengah tiga orang, Kabupaten Buru Selatan 26 orang, Kabupaten Kepulauan Aru satu orang, Kabupaten Seram Bagian Timur satu orang, Kota Ternate delapan orang, dan Bawaslu Provinsi Maluku satu orang, yang akan berlangsung selama 93 hari.

Hadir juga pada kesempatan itu Sekda Kepulauan Aru, Kepala BPSDM Kabupaten Maluku Tengah Bursel, SBT, Kota Ternate, Sekretariat Bawaslu Provinsi Maluku, serta para Widyaiswara lingkup BPSDM Provinsi Maluku.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024