Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memulai Pemusatan latihan daerah (Pelatda) untuk para atlet dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

"Saya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi, kepada KONI Provinsi Maluku yang telah melakukan persiapan Pelatda bagi kontingen Maluku menuju PON XXI yang di Aceh-Sumut," kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie di Ambon, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Gubernur Maluku menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pelatda ini penting dalam rangka mempersiapkan para atlet guna memantapkan diri mengikuti PON mendatang.

Sadali berkata, untuk mendapatkan hasil maksimal dalam meraih prestasi maka dibutuhkan upaya strategis yang komprehensif terhadap masing-masing cabang olahraga.

"Suatu prestasi olahraga tidaklah mudah untuk dicapai jika tidak melalui proses yang disebut dengan perencanaan program yang matang,” kata Sadali.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku bersama seluruh pemangku kepentingan, terus berupaya mendorong peningkatan prestasi anak-anak Maluku, dengan menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menggagas dan mengelola dunia olahraga di Maluku.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh Pengurus KONI kabupaten/kota, pengurus asosiasi provinsi semua cabang olahraga, beserta seluruh pemangku kepentingan, untuk mendukung sepenuhnya tugas dan tanggung jawab, dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga di Provinsi Maluku, melalui komunikasi, koordinasi dan kolaborasi,” ujarnya.

Sadali berharap Pelatda ini dapat berjalan dengan baik serta menjadi wadah untuk mempersiapkan atlet-atlet yang potensial juga sebagai wahana untuk membangun silaturahmi, memupuk dan mempererat solidaritas, serta interaksi sosial, yang tentunya akan meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bagi para atlet.

“Dalam menjaga semangat dan motivasi, perlu kerja keras, ketekunan, dan jiwa kompetitif pada setiap atlet, agar dapat meraih prestasi cemerlang,” katanya.

Sementara itu Ketua Harian KONI Maluku Mustafa Kamal mengungkapkan bahwa pada gelaran PON kali ini Maluku mengirimkan sebanyak 54 atlet dari 14 cabang olahraga yang didampingi oleh 28 pelatih.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Maluku, Djalaluddin Salampessy, para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Ketua Harian beserta pengurus KONI Provinsi Maluku dan undangan lainnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024